Contoh Soal Cpns Tes Kompetensi Dasar (Tkd) Dan Pembahasannya Lengkap 2018
Contoh Soal CPNS Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Pembahasannya Lengkap 2018 - Selamat tiba diblog makalah-pedia.blogspt.com. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membuatkan warta ihwal Contoh Soal TKD CPNS. Apakah ketika ini anda ingin mendaftar menjadi calon pegawai negeri sipil ? saya doakan semoga di terima. Amiin. Nah sebelum kalian tes CPNS itu sendiri kalian harus menyiapkan dan mempersiapkan materi latihan latihan menjawab soal soal nya. Dimaksut tujuan semoga bisa menambah wasasan dan berharap dari soal soal yang sudah dipelajari, banyak yang keluar nantinya.
Apa itu CPNS ? ada yang belum tahu ? Calon Pegawai Negeri Sipil (disingkat CPNS) ialah pegawai yang gres lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama. Calon Pegawai Negeri Sipil belum mengikuti kewajiban untuk memenuhi syarat sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan honor 100%. Mereka digaji dengan persentase sejumlah 80% berdasarkan SK CPNS yang telah ditentukan dengan berpedoman pada undang-undang yang berlaku di Indonesia. ( Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Calon_Pegawai_Negeri_Sipil. )
Soal Soal CPNS memang sangat dibutuhkan bagi banyak orang. Terlebih para pelamar yang ikut CPNS itu sendiri. Nah untuk itu kami akan menawarkan infomasi dan menawarkan teladan contoh Soal CPNS Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan kami juga akan membahasnya satu persatu. Untk itu silahkan dibaca secara seksama dan dipahami ya.
Nah Berikut ini adalah Contoh Soal CPNS Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Pembahasannya Lengkap 2018. Silahkan dibaca :
Untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia.
B. Contoh Soal Undang-Undang Dasar 1945
11. Berapa kali U U D 1945 di-amandemen...
A. 1 kali
B. 2 kali
C. 3 kali
D. 4 kali
12. Pasal berapa saja Undang-Undang Dasar 1945 pertama kali di-amandemen...
A. Pasal 5, 7, 9, 13, 14, 15, 17, 20 dan 21.
B. Pasal 5, 7, 9, 13, 14, 15, 17, 20 dan 22.
C. Pasal 5, 7, 9, 13, 14, 15, 17, 20 dan 23.
D. Pasal 5, 7, 9, 13, 14, 15, 17, 20 dan 24.
13. Kapan amandemen keempat dilakukan ...
A. 11 Agustus 2002
B. 11 Agustus 2003
C. 11 Agustus 2004
D. Semua balasan salah
A. Pasal 2, 6, 8, 11, 16, 23, 24, 29, 31, 32, 33, 34, dan 35.
B. Pasal 2, 6, 8, 11, 16, 23, 24, 29, 31, 32, 33, 34, dan 36.
C. Pasal 2, 6, 8, 11, 16, 23, 24, 29, 31, 32, 33, 34, dan 37.
D. Semua balasan salah
15. Di serpihan mana dalam Undang-Undang Dasar 1945, disebutkan tata cara pembentukan Mahkamah Konstitusi ...
A. Aturan Peralihan Pasal I
B. Aturan Peralihan Pasal II
C. Aturan Peralihan Pasal III
D. Aturan Peralihan Pasal IV
A. UU Nomor 21 tahun 2003
B. UU Nomor 22 tahun 2003
C. UU Nomor 23 tahun 2003
D. UU Nomor 24 tahun 2003
17. Di bawah ini merupakan kewenangan dari Mahkamah Konstitusi, kecuali ...
A. Menguji undang-undang terhadap Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
B. Memutus sengketa kewenangan forum negara yang kewenangannya diberikan oleh Undang-Undang Dasar 1945;
C. Memutus pembubaran partai politik; dan memutus perselisihan ihwal hasil pemilihan umum.
D. Memutus sengketa peradilan pidana dan perdata
18. Yang dimaksud dengan alat bukti dalam UU no. 24 tahun 2003 ialah ...
A. Surat atau tulisan
B. Keterangan saksi
C. Keterangan ahli
D. Semua balasan benar
19. Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. Hal ini tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal...
A. 31 ayat 1
B. 31 ayat 2
C. 31 ayat 3
D. 31 ayat 4
20. Berkenaan dengan perubahan isi dari Undang-Undang Dasar 1945, sesungguhnya telah diatur oleh TAP MPR No. IV/MPR/1983 ihwal ...
A. lnterpelasi
B. Budget
C. Mosi tidak percaya
D. Referendum
C. Contoh Soal NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)
Kemampuan Berbahasa Indonesia yang Baik dan Benar
21. Kata depan yang ditulis secara benar terdapat pada ....
a. bersembunyi dibalik pintu
b. menjilat keatas
c. tiba kemari
d. pergi keluar negeri
22. Tanda hubung yang dipakai secara benar terdapat pada...
a. Adat sopan-santun
b. Muka merah-padam
c. Kaum muda-belia
d. Rumah porak-poranda
23. Tanda koma yang dipakai secara tepat terdapat pada...
a. Terdakwa berdasarkan hakiM, terbuk1i bersalah.
b. Perusahaan itu bangkrut, lantaran ulah direk1ur utamanya.
c. Dia belum berhasil, meskipun sudah bekerja keras.
d. Jika tidak segera diberantas, peredaran narkoba akan semakin merajalela.
24. Huruf kapital yang dipakai secara benar terdapat pada...
a. Rancangan Undang-undang itu sedang dibahas.
b. Beberapa SD di tempat terpencil kekurangan guru.
c. Bahasa Indonesia ditetapkan sebagai Bahasa Negara dalam Undang-Undang Dasar kita.
d. Jika tidak segera diberantas, peredaran narkoba akan semakin merajalela.
25. Kata yang tidak cocok dipakai dalam komunikasi tulis resmi terdapat pada ....
a. Mengubah haluan
b. Mengukuhkan jabatan
c. Memantapkan jati diri
d. Menjajaki pendapat umum
26. Kata sarapan yang cocok dipakai dalam komunikasi tulis resmi terdapat pada...
a. Azas partal
b. Sikap emosionil
c. Aktifitas anak
d. Segi kognitif
27. Sudah saatnya ... peralatan militer kita segera dilakukan.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas ialah ....
a. Perlengkapan
b. Kelengkapan
c. Pelengkapan
d. Pemerlengkap
Bidang Tata Negara
28. Pengakuan de jure dari suatu negara terhadap negara yang lain ditandai oleh ...
a. Bantuan diplomasi
b. Kerja sama militer
c. Hubungan diplomatik
d. Kunjungan kepala negara
29. Dilihat dari segi tujuannya, negara kepolisian bertujuan ...
a. Meningkatkan kesejahteraan
b. Mewujudkan ketertiban
c. Memelihara kekuasaan
d. Menjamin keamanan
a. Kepala negaranya ialah seorang presiden
b. Kekuasaan orisinil ada pada pemerintah pusat
c. Warga negara gampang berpindah domisili
d. Adanya konstitusi yang tertulis
31. Apabila didasarkan pada fatwa Trias Politika, yang dikenal dengan teori pemisahan kekuasaan negara, maka penetapan APBN berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan campur tangan ...
a. Presiden dalam kekuasaan Dewan Perwakilan Rakyat
b. Dewan Perwakilan Rakyat dalam kekuasaan presiden
c. Presiden dalam kekuasaan Mahkamah Agung
d. Mahkamah Agung dalamkekuasaan Presiden
32. Jika dibandingkan dengan kabinet parlementer kelebihan kabinet presidentil ialah dalam hal ...
a. Pembentukan kabinet sangat demokratis
b. Jalannya pemerintahan lebih setabil
c. Para menteri bertanggung jawab secara kolektif
d. Para meneri sanggup diganti sewaktu-waktu
33. Untuk mempertahankan kedaulatan Republik Indonesia pada tanggal 23 Agustus 1945 Presiden Soekarno mengumumkan berdirinya tiga abadan baru, yaitu ...
a. KNPI
b. KNIP
c. KNI
d. KPIR
34. Setelah Indonesia merdeka dan memperoleh legalisasi internasional, ternyata masalah-masalah yang dihadapi belum berakhir, terutama problem konstitusi. Pada tahun 1950, sehabis terbentuk negara kesatuan, Undang-Undang Dasar Sementara yag dipakai pada hakikatnya merupakan Undang-Undang Dasar ...
a. Hindia Belanda dengan beberapa perubahan
b. Negara Indonesia Timur dengan belberapa perubahan
c. 1945 yang disempurnakan
d. RIS dengan beberapa perubahan
35. lndonesia menjadi anggota negara-negara nonblok lantaran ingin netral dalam percaturan dua negara adikuasa, Amerika Serikat dan Rusia. Kedua negara itu sehabis Perang Dunia II terlibat dalam ....
a. Perang ideologi
b. Perlombaan persenjataan
c. Persaingan ekonomi global
d. Ofensif politik
Bidang Kebijakan Pemerintah
36. Menurut Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan melalui jalur dan jenjang yang tersedia. Yang dimaksud jalur pendidikan ialah jalur pendidikan ....
a. Sekolah dan luar sekolah
b. Formal dan informal
c. Umum dan kejuruan
d. Dasar, menengah, dan tinggi
37. GBHN 1999-2004 telah mengamanatkan terselenggaranya pemilu secara lebih demokratis pada tahun 2004 yang dilaksanakan oleh sebuah tubuh penyelenggara pemilu yang independen dan nonpartisan, yaitu ....
a. Komisi pemiihan umum
b. Lembaga pemilihan umum
c. Sadan pemilihan umum
d. Biro pemilihan umum
38. Sasaran perbaikan struktur politik yang demokratis pada pada dasarnya ialah adanya keseimbangan, adanya peningkatan kinerja lembaga-lembaga negara, serta adanya ...
a. Pemisahan kekuasaan secara tegas
b. Pengawasan yang ketat
c. Kebebasan pers
d. Kemauan pimpinan nasional
39. Untuk menanggulangi banyaknya tenaga kerja yang menganggur dan setengah menganggur, salah satu jalan keluarnya ialah dengan ....
a. Memperbaiki sektor industri
b. Memperluas kesempatan kerja
c. Memperluas pendidikan
d. Memanfaatkan sumber daya alam
40. Pendidikan dasar berbeda degan sekolah dasar lantaran pendidikan dasar meliputi ...
a. Taman Kanak-kanak dan SD
b. SD dan SMP
c. SD, SLTP, Ml dan MTS
d. SD, SMP, dan SMU
Bidang GBHN
41. Berdasarkan Ketetapan MPR No. IV/ MPR/ 1999, Garis-garis Besar Haluan negara diberi pengertian ....
a. Perwujudan aspirasi rakyat Indonesia bekerjasama dengan masa depannya
b. Pernyataan kehendak rakyat yang menyeluruh dan terpadu sebagai haluan negara
c. Haluan negara yang dlrumuskan sebagai kebijaksanaan pembangunan nasional
d. Landasan pembangunan dalam Garis-garis besar untuk jangka waktu 5 tahun
42. Visi pembangunan nasional ibarat dirumuskan dalam GBHN ialah terwujudnya masyarakat Indonesia yang damai, demokratis, berkeadilan, berdaya saing, maju dn sejahtera, yang didukung insan Indonesia yang mempunyai karakterlstlk sebagal berlkut, KECUALI .....
a. Berakhlak mulia
b. Cinta tanah air
c. Berkesadaran hukum
d. Berwawasan global
43. Program pembangunan nasional memuat ...
a. Uraian rinci dan terukur dalam pelaksanaan GBHN
b. Kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan GBHN
c. Uraian acara pembangunan bebagai departemen
d. Program kerja kabinet selama periode tertentu
44. Program pemberdayaan forum peradilan dan banyak sekali forum penegak aturan ketika ini terutama bertujuan untuk ....
a. Memelihara keamanan ligkungan
b. Mewujudkan ketertiban dalam masyarakat
c. Mempercepat penyelesaian banyak sekali [Perkara
d. Mencegah terjadinya banyak sekali kejahatan
45. Dalam rangka pengembangan otonomi tempat dalam wadah Negara Kesatuan RI, tempat yang mendapatkan perhatian khusus pada amanat GBHN adalah
a. lrian Jaya, Maluku Utara, dan Maluku
b. Daerah lstimewa Aceh, lrian Jaya, dan Maluku
c. Nusa Tenggara Timur, maluku, dani lrian Jaya
d. Maluku, Maluku Utara, dan Sulawesi tengah
SINONIM - Persamaan Kata
46. EVOKASI
a. Penggugah rasa
b. Penilaian
c. Perubahan
d. Ijin Menetap
47. BAKU
a. Perkiraan
b. Standar
c. Umum
d. Normal
48. PROTESIS
a. Hipotesis
b. Praduga
c. Thesis
d. Buatan
49. DIKOTOMI
a. Dibagi dua
b. Dwi Fungsi
c. Kembar dua
d. Dua Kekuatan
50. SINE QUA NON
a. Selalu Negatif
b. Tiada Berair
c. Air Mineral
d. Harus ada
ANTONIM - Lawan Kata
51. KENDALA
a. Kekerasan
b. Pendukung
c. Manifestasi
d. Bimbingan
52. EKSTRINSIK
a. Individual
b. Konsensus
c. Keserasian
d. Internal
53. PROMINEN
a. Terkemuka
b. Pendukung
c. Biasa
d. Setuju
54. DEDUKSI
a. Induksi
b. Konduksi
c. Reduksi
d. Intuisi
55. IMIGRASI
a. Migrasi
b. Transmigrasi
c. Emigrasi
d. Pemukiman
PADANAN KATA
56. SEMINAR : SARJANA
a. Akademi : Taruna
b. Rumah sakit : Pasien
c. Konservator : Seniman
d. Perpustakaan : Peneliti
57. FIKTIF : FAKTA
a. Dagelan : Sandiwara
b. Dugaan : Rekaan
c. Data : Estimasi
d. Dongeng : Peristiwa
58. MATA : TELINGA
a. Jam : Tangan
b. Lidah : Hidung
c. Kaki : Paha
d. Lutut : Siku
59. UANG : PUNDI-PUNDI
a. Hubungan : jambangan
b. Gelas : nampan
c. Air : Tempayan
d. Buku : Percetakan
60. PEDATI : KUDA – PESAWAT TERBANG : …
a. Sayap
b. Baling-baling
c. Pramugari
d. Pilot
B. Kemampuan numerik yaitu kemampuan melaksanakan operasi perhitungan angka dan melihat kekerabatan diantara angka-angka.
ANGKA - HITUNGAN BIASA (ARITMATIKA)
61. 2,20 x 0,75 + 3/5 : 1/8 = ...
a. 1,89
b. 10,5
c. 15,5
d. 5,9
62. 7,5 : 2,5 – (2/4 x ¾) = ...
a. 5,050
b. 4,252
c. 3,605
d. 2,625
e. 1,850
63. 4/5 + 3/5 + 3/8 + 6/8 + 1 ½ = ...
a. 4,20
b. 1480
c. 22,00
d. 16,20
64. (¼ x 164) x ½ = ...
a. 20,50
b. 08,48
c. 14,09
d. 34,59
65. 2 ¼ x 7,5 – 7,5 : 1 ½ = ...
a. 51,87
b. 23,69
c. 21,48
Apa itu CPNS ? ada yang belum tahu ? Calon Pegawai Negeri Sipil (disingkat CPNS) ialah pegawai yang gres lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama. Calon Pegawai Negeri Sipil belum mengikuti kewajiban untuk memenuhi syarat sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan honor 100%. Mereka digaji dengan persentase sejumlah 80% berdasarkan SK CPNS yang telah ditentukan dengan berpedoman pada undang-undang yang berlaku di Indonesia. ( Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Calon_Pegawai_Negeri_Sipil. )
Soal Soal CPNS memang sangat dibutuhkan bagi banyak orang. Terlebih para pelamar yang ikut CPNS itu sendiri. Nah untuk itu kami akan menawarkan infomasi dan menawarkan teladan contoh Soal CPNS Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan kami juga akan membahasnya satu persatu. Untk itu silahkan dibaca secara seksama dan dipahami ya.
Nah Berikut ini adalah Contoh Soal CPNS Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Pembahasannya Lengkap 2018. Silahkan dibaca :
I. Tes Wawasan Kebangsaan:
Untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia.
A. Contoh Soal Pancasila
1. Dalam kehidupan bernegara, Pancasila berperan sebagai...
a. Dasar negara
b. Dasar kenegaraan
c. Dasar beragama
d. Dasar ketatanegaraan
A. Dasar Negara
2. Rumusan Pancasila yang resmi terdapat dalam..
a. Pidato Bung Karno
b. Prolamasi 17 Agustus 1945
c. Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945
d. Piagam Jakarta
C. Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945
3. Dalam sumber tata aturan di Indonesia, Pancasila dijadikan sebagai
a. Sumber dari segala sumber hukum
b. Hukum tertinggi di Indonesia
c. Hukum tertulis tertinggi di Indonesia
d. Setingkat dengan Undang-Undang Dasar 1945
A. Sumber dari segala sumber hukum
4. Pancasila bagi bangsa Indonesia merupakan:
a. Pandangan hidup
b. Falsafah dan dasar negara
c. Sumber hukum
d. Semua benar
A. Pandangan Hidup
5. Hubungan sosial yang selaras, serasi, seimbang antara individu dan masyarakat dijiwai oleh nilai-nilai Pancasila, yaitu..
a. Sila kedua
b. Sila ketiga
c. Sila keempat
d. Sila kelima
A. Sila Kedua
6. Berdasarkan pengalaman sejarah, Pancasila sebagai dasar negara ternyata tetap tegak walaupun mengalami banyak sekali cobaan.
Adapun kekuatannya terletak pada:
a. Posisi negara yang terdiri dari pulau-pulau yang terpisah oleh laut
b. Keyakinan bangsa Indonesia akan kebenaran Pancasila
c. Pegawai Negeri Sipil yang menjaganya
d. Kekuatan TNI
A. Dasar Negara
7. Pancasila yang benar dan perlu dihayati serta diamalkan ialah Pancasila yang rumusannya tercantum dalam:
a. Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945
b. Konstitusi RIS
c. TAP MPR RI No. ll/ MPR/ 1978
d. Buku Sutasoma
B. Keyakinan Bangsa Indonesia akan kebenaran Pancasila
8. Pangkal tolak penghayatan dan pengamalan Pancasila adalah
a. Keamanan dan kemampuan mengadakan tuntutan dan kebutuhan masyarakat moden
b. Kemauan dan kemampuan mengembangkan pertengkaran antar umat beragama
c. Kemauan dan kemampuan insan Indonesia dalam mengendalikan diri
d. Kemauan dan kemampuan insan Indonesia mengembangkan kebudayaan asing
C. Kemauan dan kemampuan insan Indonesia dalam mengendalikan diri
9. Beribadah dan menganut suatu agama atau kepecayaan ialah merupakan asasi.
a. Pribadi
b. Perlakuan dan perlindungn
c. Politik
d. Sosial budaya
A. Pribadi
10. Secara formal Pancasila disahkan sebagai dasar negara Republik Indonesia pada tanggal:
a. 1 Juni 1945
b. 17 Agustus 1945
c. 18 Agustus 1945
d. 20 Agustus 1945
D. 18 Agustus 1945
B. Contoh Soal Undang-Undang Dasar 1945
11. Berapa kali U U D 1945 di-amandemen...
A. 1 kali
B. 2 kali
C. 3 kali
D. 4 kali
D. 4 kali
12. Pasal berapa saja Undang-Undang Dasar 1945 pertama kali di-amandemen...
A. Pasal 5, 7, 9, 13, 14, 15, 17, 20 dan 21.
B. Pasal 5, 7, 9, 13, 14, 15, 17, 20 dan 22.
C. Pasal 5, 7, 9, 13, 14, 15, 17, 20 dan 23.
D. Pasal 5, 7, 9, 13, 14, 15, 17, 20 dan 24.
A. Pasal 5, 7, 9, 13, 14, 15, 17, 20 dan 21.
13. Kapan amandemen keempat dilakukan ...
A. 11 Agustus 2002
B. 11 Agustus 2003
C. 11 Agustus 2004
D. Semua balasan salah
A. 11 Agustus 2002
14. Pasal berapa Undang-Undang Dasar 1945 keempat kali di-amandemen ...A. Pasal 2, 6, 8, 11, 16, 23, 24, 29, 31, 32, 33, 34, dan 35.
B. Pasal 2, 6, 8, 11, 16, 23, 24, 29, 31, 32, 33, 34, dan 36.
C. Pasal 2, 6, 8, 11, 16, 23, 24, 29, 31, 32, 33, 34, dan 37.
D. Semua balasan salah
C. Pasal 2, 6, 8, 11, 16, 23, 24, 29, 31, 32, 33, 34, dan 37.
15. Di serpihan mana dalam Undang-Undang Dasar 1945, disebutkan tata cara pembentukan Mahkamah Konstitusi ...
A. Aturan Peralihan Pasal I
B. Aturan Peralihan Pasal II
C. Aturan Peralihan Pasal III
D. Aturan Peralihan Pasal IV
C. Aturan Peralihan Pasal III
16. Apa dasar aturan pembentukan Mahkamah Konstitusi...A. UU Nomor 21 tahun 2003
B. UU Nomor 22 tahun 2003
C. UU Nomor 23 tahun 2003
D. UU Nomor 24 tahun 2003
D. UU Nomor 24 tahun 2003
17. Di bawah ini merupakan kewenangan dari Mahkamah Konstitusi, kecuali ...
A. Menguji undang-undang terhadap Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
B. Memutus sengketa kewenangan forum negara yang kewenangannya diberikan oleh Undang-Undang Dasar 1945;
C. Memutus pembubaran partai politik; dan memutus perselisihan ihwal hasil pemilihan umum.
D. Memutus sengketa peradilan pidana dan perdata
D. Memutus sengketa peradilan pidana dan perdata
18. Yang dimaksud dengan alat bukti dalam UU no. 24 tahun 2003 ialah ...
A. Surat atau tulisan
B. Keterangan saksi
C. Keterangan ahli
D. Semua balasan benar
D. Semua balasan benar
19. Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. Hal ini tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal...
A. 31 ayat 1
B. 31 ayat 2
C. 31 ayat 3
D. 31 ayat 4
A. 31 ayat 1
20. Berkenaan dengan perubahan isi dari Undang-Undang Dasar 1945, sesungguhnya telah diatur oleh TAP MPR No. IV/MPR/1983 ihwal ...
A. lnterpelasi
B. Budget
C. Mosi tidak percaya
D. Referendum
D. Referendum
C. Contoh Soal NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)
Kemampuan Berbahasa Indonesia yang Baik dan Benar
21. Kata depan yang ditulis secara benar terdapat pada ....
a. bersembunyi dibalik pintu
b. menjilat keatas
c. tiba kemari
d. pergi keluar negeri
C. tiba kemari
22. Tanda hubung yang dipakai secara benar terdapat pada...
a. Adat sopan-santun
b. Muka merah-padam
c. Kaum muda-belia
d. Rumah porak-poranda
C. Kaum muda-belia
23. Tanda koma yang dipakai secara tepat terdapat pada...
a. Terdakwa berdasarkan hakiM, terbuk1i bersalah.
b. Perusahaan itu bangkrut, lantaran ulah direk1ur utamanya.
c. Dia belum berhasil, meskipun sudah bekerja keras.
d. Jika tidak segera diberantas, peredaran narkoba akan semakin merajalela.
D. Jika tidak segera diberantas, peredaran narkoba akan semakin merajalela.
24. Huruf kapital yang dipakai secara benar terdapat pada...
a. Rancangan Undang-undang itu sedang dibahas.
b. Beberapa SD di tempat terpencil kekurangan guru.
c. Bahasa Indonesia ditetapkan sebagai Bahasa Negara dalam Undang-Undang Dasar kita.
d. Jika tidak segera diberantas, peredaran narkoba akan semakin merajalela.
A. Rancangan Undang-undang itu sedang dibahas.
25. Kata yang tidak cocok dipakai dalam komunikasi tulis resmi terdapat pada ....
a. Mengubah haluan
b. Mengukuhkan jabatan
c. Memantapkan jati diri
d. Menjajaki pendapat umum
D. Menjajaki pendapat umum
26. Kata sarapan yang cocok dipakai dalam komunikasi tulis resmi terdapat pada...
a. Azas partal
b. Sikap emosionil
c. Aktifitas anak
d. Segi kognitif
C. Aktifitas anak
27. Sudah saatnya ... peralatan militer kita segera dilakukan.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas ialah ....
a. Perlengkapan
b. Kelengkapan
c. Pelengkapan
d. Pemerlengkap
A. Perlengkapan
Bidang Tata Negara
28. Pengakuan de jure dari suatu negara terhadap negara yang lain ditandai oleh ...
a. Bantuan diplomasi
b. Kerja sama militer
c. Hubungan diplomatik
d. Kunjungan kepala negara
B. Kerja sama militer
29. Dilihat dari segi tujuannya, negara kepolisian bertujuan ...
a. Meningkatkan kesejahteraan
b. Mewujudkan ketertiban
c. Memelihara kekuasaan
d. Menjamin keamanan
B. Mewujudkan ketertiban
30. Ciri khas negara kesatuan ialah ...a. Kepala negaranya ialah seorang presiden
b. Kekuasaan orisinil ada pada pemerintah pusat
c. Warga negara gampang berpindah domisili
d. Adanya konstitusi yang tertulis
B. Kekuasaan orisinil ada pada pemerintah pusat
31. Apabila didasarkan pada fatwa Trias Politika, yang dikenal dengan teori pemisahan kekuasaan negara, maka penetapan APBN berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan campur tangan ...
a. Presiden dalam kekuasaan Dewan Perwakilan Rakyat
b. Dewan Perwakilan Rakyat dalam kekuasaan presiden
c. Presiden dalam kekuasaan Mahkamah Agung
d. Mahkamah Agung dalamkekuasaan Presiden
A. Presiden dalam kekuasaan Dewan Perwakilan Rakyat
32. Jika dibandingkan dengan kabinet parlementer kelebihan kabinet presidentil ialah dalam hal ...
a. Pembentukan kabinet sangat demokratis
b. Jalannya pemerintahan lebih setabil
c. Para menteri bertanggung jawab secara kolektif
d. Para meneri sanggup diganti sewaktu-waktu
B. Jalannya pemerintahan lebih setabil
Bidang Sejarah33. Untuk mempertahankan kedaulatan Republik Indonesia pada tanggal 23 Agustus 1945 Presiden Soekarno mengumumkan berdirinya tiga abadan baru, yaitu ...
a. KNPI
b. KNIP
c. KNI
d. KPIR
B. KNIP
34. Setelah Indonesia merdeka dan memperoleh legalisasi internasional, ternyata masalah-masalah yang dihadapi belum berakhir, terutama problem konstitusi. Pada tahun 1950, sehabis terbentuk negara kesatuan, Undang-Undang Dasar Sementara yag dipakai pada hakikatnya merupakan Undang-Undang Dasar ...
a. Hindia Belanda dengan beberapa perubahan
b. Negara Indonesia Timur dengan belberapa perubahan
c. 1945 yang disempurnakan
d. RIS dengan beberapa perubahan
A. Hindia Belanda dengan beberapa perubahan
35. lndonesia menjadi anggota negara-negara nonblok lantaran ingin netral dalam percaturan dua negara adikuasa, Amerika Serikat dan Rusia. Kedua negara itu sehabis Perang Dunia II terlibat dalam ....
a. Perang ideologi
b. Perlombaan persenjataan
c. Persaingan ekonomi global
d. Ofensif politik
B. Perlombaan persenjataan
Bidang Kebijakan Pemerintah
36. Menurut Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan melalui jalur dan jenjang yang tersedia. Yang dimaksud jalur pendidikan ialah jalur pendidikan ....
a. Sekolah dan luar sekolah
b. Formal dan informal
c. Umum dan kejuruan
d. Dasar, menengah, dan tinggi
B. Formal dan informal
37. GBHN 1999-2004 telah mengamanatkan terselenggaranya pemilu secara lebih demokratis pada tahun 2004 yang dilaksanakan oleh sebuah tubuh penyelenggara pemilu yang independen dan nonpartisan, yaitu ....
a. Komisi pemiihan umum
b. Lembaga pemilihan umum
c. Sadan pemilihan umum
d. Biro pemilihan umum
A. Komisi Pemilihan Umum
38. Sasaran perbaikan struktur politik yang demokratis pada pada dasarnya ialah adanya keseimbangan, adanya peningkatan kinerja lembaga-lembaga negara, serta adanya ...
a. Pemisahan kekuasaan secara tegas
b. Pengawasan yang ketat
c. Kebebasan pers
d. Kemauan pimpinan nasional
A. Pemisahan kekuasaan secara tegas
39. Untuk menanggulangi banyaknya tenaga kerja yang menganggur dan setengah menganggur, salah satu jalan keluarnya ialah dengan ....
a. Memperbaiki sektor industri
b. Memperluas kesempatan kerja
c. Memperluas pendidikan
d. Memanfaatkan sumber daya alam
B. Memperluas kesempatan kerja
40. Pendidikan dasar berbeda degan sekolah dasar lantaran pendidikan dasar meliputi ...
a. Taman Kanak-kanak dan SD
b. SD dan SMP
c. SD, SLTP, Ml dan MTS
d. SD, SMP, dan SMU
D. SD, SMP, dan SMU
Bidang GBHN
41. Berdasarkan Ketetapan MPR No. IV/ MPR/ 1999, Garis-garis Besar Haluan negara diberi pengertian ....
a. Perwujudan aspirasi rakyat Indonesia bekerjasama dengan masa depannya
b. Pernyataan kehendak rakyat yang menyeluruh dan terpadu sebagai haluan negara
c. Haluan negara yang dlrumuskan sebagai kebijaksanaan pembangunan nasional
d. Landasan pembangunan dalam Garis-garis besar untuk jangka waktu 5 tahun
B. Pernyataan kehendak rakyat yang menyeluruh danterpadu sebagai haluan negara
42. Visi pembangunan nasional ibarat dirumuskan dalam GBHN ialah terwujudnya masyarakat Indonesia yang damai, demokratis, berkeadilan, berdaya saing, maju dn sejahtera, yang didukung insan Indonesia yang mempunyai karakterlstlk sebagal berlkut, KECUALI .....
a. Berakhlak mulia
b. Cinta tanah air
c. Berkesadaran hukum
d. Berwawasan global
D. Berwawasan Global
43. Program pembangunan nasional memuat ...
a. Uraian rinci dan terukur dalam pelaksanaan GBHN
b. Kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan GBHN
c. Uraian acara pembangunan bebagai departemen
d. Program kerja kabinet selama periode tertentu
A. Uraian rinci dan terukur dalam pelaksanaan GBHN
44. Program pemberdayaan forum peradilan dan banyak sekali forum penegak aturan ketika ini terutama bertujuan untuk ....
a. Memelihara keamanan ligkungan
b. Mewujudkan ketertiban dalam masyarakat
c. Mempercepat penyelesaian banyak sekali [Perkara
d. Mencegah terjadinya banyak sekali kejahatan
B. Mewujudkan ketertiban dalam masyarakat
45. Dalam rangka pengembangan otonomi tempat dalam wadah Negara Kesatuan RI, tempat yang mendapatkan perhatian khusus pada amanat GBHN adalah
a. lrian Jaya, Maluku Utara, dan Maluku
b. Daerah lstimewa Aceh, lrian Jaya, dan Maluku
c. Nusa Tenggara Timur, maluku, dani lrian Jaya
d. Maluku, Maluku Utara, dan Sulawesi tengah
B. Daerah lstimewa Aceh, lrian Jaya, dan Maluku
II. Tes Intelegensia Umum (TIU)
A. Kemampuan verbal yaitu kemampuan memberikan warta secara verbal maupun tulisan.SINONIM - Persamaan Kata
46. EVOKASI
a. Penggugah rasa
b. Penilaian
c. Perubahan
d. Ijin Menetap
a. Penggugah rasa
47. BAKU
a. Perkiraan
b. Standar
c. Umum
d. Normal
b. Standar
48. PROTESIS
a. Hipotesis
b. Praduga
c. Thesis
d. Buatan
d. Buatan
TIPS dan TRIK SINONIM:
- Jangan menentukan kata yang mempunyai suara ibarat dengan soal, lantaran kami telah mengamati bahwa balasan ibarat itu ialah 95% salah!
- Artinya kemungkinan untuk benar hanya sekitar 5%, dan kami menyebut balasan ibarat itu ialah balasan konyol. Jika anda menentukan balasan ibarat itu, maka bisa jadi anda termasuk orang yang agak konyol 😁
49. DIKOTOMI
a. Dibagi dua
b. Dwi Fungsi
c. Kembar dua
d. Dua Kekuatan
a. Dibagi dua
50. SINE QUA NON
a. Selalu Negatif
b. Tiada Berair
c. Air Mineral
d. Harus ada
d. Harus ada
ANTONIM - Lawan Kata
TIPS dan TRIK ANTONIM:
➤ Amati pilihan jawaban, carilah dua balasan yang berlawanan! Seringkali balasan soal ANTONIM berada pada salah satu dari 2 kata yang berlawanan tersebut. 😊
51. KENDALA
a. Kekerasan
b. Pendukung
c. Manifestasi
d. Bimbingan
b. Pendukung
52. EKSTRINSIK
a. Individual
b. Konsensus
c. Keserasian
d. Internal
d. Internal
53. PROMINEN
a. Terkemuka
b. Pendukung
c. Biasa
d. Setuju
c. Biasa
➤ Untuk kata-kata yang latin/ ilmiah, utamakan menentukan balasan yang ibarat dengan soal.
54. DEDUKSI
a. Induksi
b. Konduksi
c. Reduksi
d. Intuisi
a. Induksi
55. IMIGRASI
a. Migrasi
b. Transmigrasi
c. Emigrasi
d. Pemukiman
c. Emigrasi
➤ Hati-Hati! Pada ketika mengerjakan soal ANTONIM, jangan hingga anda berpikir bahwa anda sedang mencari sinonim/ persamaannya. Ini sering terjadi pada peserta tes. Dimana ketika di tengah-tengah tes, ia tidak sadar telah mencari balasan yang merupakan sinonimnya, bukan lawan katanya. Apalagi biasanya soal Sinonim dan Antonim berdekatan waktu pengerjaannya.
PADANAN KATA
CATATAN dan BEBERAPA TIPS :
➤ Yang paling penting dalam menghadapi soal semacam ini ialah menemukan kata kunci atau kekerabatan KHUSUS/ UNIK dari dua atau lebih kata yang diberikan.
➤ Semakin KHUSUS atau SPESIFIK, maka akan semakin gampang untuk menemukan kekerabatan yang paling sesuai. Jika kekerabatan bersifat terlalu umum, maka alaternatif balasan biasanya masih sulit untuk ditentukan yang paling tepat.
Contoh:KAKA TUA : MERPATI.Jika kita menentukan bahwa hubungannya adalah SAMA-SAMA BINATANG, maka itu masih bersifatterlalu umum.Artinya, bila ada pilihan balasan :gajah:semut, elang:kupu-kupu, gurame:kakap, dsb
maka semua bisa benar lantaran mereka sama-sama binatang. Tapi cobalah anda pilih hubungan yang lebih khusus.Misalnya : kaka tua:merpati adalah sama-sama burung, maka balasan yang tepat adalah gurame:kakap yaitu sama-sama ikan.
➤ Jika telah menemukan kekerabatan kata tetapi masih bingung, maka buatlah kata-kata tersebut menjadi sebuah kalimat dengan memakai kekerabatan analogi yang ada.
56. SEMINAR : SARJANA
a. Akademi : Taruna
b. Rumah sakit : Pasien
c. Konservator : Seniman
d. Perpustakaan : Peneliti
d. Perpustakaan : Peneliti
57. FIKTIF : FAKTA
a. Dagelan : Sandiwara
b. Dugaan : Rekaan
c. Data : Estimasi
d. Dongeng : Peristiwa
d. Dongeng : Peristiwa
58. MATA : TELINGA
a. Jam : Tangan
b. Lidah : Hidung
c. Kaki : Paha
d. Lutut : Siku
b. Lidah : Hidung
➤ Hubungan kata harus mempunyai urutan yang sejalan/ searah dengan soal.
Misalnya:
KAKI : SEPATUa. Cat : Kuasb. Meja : Ruanganc. Telinga : Antingd. Cincin : Jari
➤ sepatu dikenakan di kaki (urutannya sepatu dulu baru kaki).
Jika anda mencari jawaban, maka urutannya juga harus dari belakang. Anda dihentikan menentukan "cincin dikenakan di jari", karena urutannya terbalik.
Maka yang benar ialah "anting dikenakan di telinga".
a. Hubungan : jambangan
b. Gelas : nampan
c. Air : Tempayan
d. Buku : Percetakan
c. Air : Tempayan
60. PEDATI : KUDA – PESAWAT TERBANG : …
a. Sayap
b. Baling-baling
c. Pramugari
d. Pilot
b. Baling-baling
B. Kemampuan numerik yaitu kemampuan melaksanakan operasi perhitungan angka dan melihat kekerabatan diantara angka-angka.
ANGKA - HITUNGAN BIASA (ARITMATIKA)
61. 2,20 x 0,75 + 3/5 : 1/8 = ...
a. 1,89
b. 10,5
c. 15,5
d. 5,9
Pikir yang mudah, jangan yang sulit-sulit! Ingat, anda tidak harus menuntaskan dengan hasil yang teliti!
Cari nilai pendekatan, 2 x 0,75 = 1,5
Ingat bahwa pembagian dengan pecahan sama dengan perkalian dengan pembilang dan penyebut dibalik, sehingga menjadi
3/5 x 8/1 = 24/5 = 4, ...
Maka 1,5 + 4, ... = 5,5 lebih. Sehingga balasan yang paling mendekati ialah 5,9. D
Cari nilai pendekatan, 2 x 0,75 = 1,5
Ingat bahwa pembagian dengan pecahan sama dengan perkalian dengan pembilang dan penyebut dibalik, sehingga menjadi
3/5 x 8/1 = 24/5 = 4, ...
Maka 1,5 + 4, ... = 5,5 lebih. Sehingga balasan yang paling mendekati ialah 5,9. D
62. 7,5 : 2,5 – (2/4 x ¾) = ...
a. 5,050
b. 4,252
c. 3,605
d. 2,625
e. 1,850
75 : 25 = 3.
½ x ¾ = 3/8.
3 – 3/8 ialah 3 kurang atau mendekati 3.
Jadi jawabannya ialah 2,625. D
½ x ¾ = 3/8.
3 – 3/8 ialah 3 kurang atau mendekati 3.
Jadi jawabannya ialah 2,625. D
63. 4/5 + 3/5 + 3/8 + 6/8 + 1 ½ = ...
a. 4,20
b. 1480
c. 22,00
d. 16,20
4/5 + 3/5 = 7/5 = 1,4
3/8 + 6/8 = 9/8 = 1,125
Jadi 1,4 + 1,125 + 1,5 = 4,025 A
3/8 + 6/8 = 9/8 = 1,125
Jadi 1,4 + 1,125 + 1,5 = 4,025 A
64. (¼ x 164) x ½ = ...
a. 20,50
b. 08,48
c. 14,09
d. 34,59
164:4 = 40 lebih (160:4=40)
40 lebih : 2 = 20 lebih
Maka balasan yang benar ialah 20,50. [a]
Perhatian: Anda tentu saja sanggup menemukan hasil dengan cara biasa yang sederhana, sbb:
Misalnya 164:4 = 41 kemudian 41:2 = 20,5.
Namun disini anda kami ajak berpikir yang simpel-simpel saja.
Sehingga nantinya kami harapkan anda tidak mempunyai beban sama sekali dalam mengerjakan soal Aritmatika.
Ketika anda ditanya mana yang lebih gampang antara menghitung 160:4 dengan 164:4 ? Maka pastilah secara reflek otak anda akan lebih gampang untuk menghitung 160:4.
Jika telah terbiasa, maka otak anda akan membentuk pola pikir sederhana dalam menganalisa setiap soal yang diberikan.
Dan bila itu telah terbentuk, maka soal-soal Aritmatika hanya perlu anda selesaikan dalam hitungan detik!
Just thinking simple then everything will be simple! 😏
40 lebih : 2 = 20 lebih
Maka balasan yang benar ialah 20,50. [a]
Perhatian: Anda tentu saja sanggup menemukan hasil dengan cara biasa yang sederhana, sbb:
Misalnya 164:4 = 41 kemudian 41:2 = 20,5.
Namun disini anda kami ajak berpikir yang simpel-simpel saja.
Sehingga nantinya kami harapkan anda tidak mempunyai beban sama sekali dalam mengerjakan soal Aritmatika.
Ketika anda ditanya mana yang lebih gampang antara menghitung 160:4 dengan 164:4 ? Maka pastilah secara reflek otak anda akan lebih gampang untuk menghitung 160:4.
Jika telah terbiasa, maka otak anda akan membentuk pola pikir sederhana dalam menganalisa setiap soal yang diberikan.
Dan bila itu telah terbentuk, maka soal-soal Aritmatika hanya perlu anda selesaikan dalam hitungan detik!
Just thinking simple then everything will be simple! 😏
65. 2 ¼ x 7,5 – 7,5 : 1 ½ = ...
a. 51,87
b. 23,69
c. 21,48
d. 11,875
66. 1 + 2 + 3 + 4 + 5 + .......... +29 =
a. 435
b. 280
c. 465
d. 300
67. 1² + 2² + 3² + 4² + 5² + .......... + 9² =
a. 275
b. 285
c. 385
d. 485
68. Jika a=5 dan b=2, maka nilai dari a³ – 3a²b + 3ab² – b³ =
a. -81
b. -27
c. 27
d. 81
69. (882 + 115)² =
a. 994.003
b. 994.004
c. 994.009
d. 894.003
DERET ANGKA
70.
a. 321 b. 342 c. 421 d. 241
d. 3
72.
a. 18 24
b. 62 31
c. 63 31
d. 66 34
73.
a. 15 19 b. 16 24
c. 14 18
d. 38 39
C. Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melaksanakan daypikir secara runtut dan sistematis;
74. Semua karyawan harus hadir dalam rapat rutin. Sementara office boy ialah karyawan. sering dijumpai kata-kata sementara atau semua. Jika anda menemui kata:
Sementara/ sebagian/ beberapa/ ada/ mungkin semua
, maka artinya ialah TIDAK SEMUANYA atau MINIMAL SATU ANGGOTA.
(jika dalam gambar, gunakan 2 tanda panah).
Semua/ setiap
, artinya ialah SELURUH ANGGOTA TANPA KECUALI.
(jika dalam gambar, gunakan 1 panah saja).
Semua
karyawan harus hadir dalam rapat rutin.
(artinya SELURUH karyawan hadir dalam rapat, maka diberi 1 tanda panah).
Sementara
office boy ialah karyawan.
(artinya TIDAK SEMUA ialah karyawan, maka diberi 2 tanda panah, yaitu karyawan dan bukan karyawan).
Tinggal lihat pilihan jawaban, maka yang sesuai gambar adalah:
Jawab: Sementara peserta rapat rutin ialah office boy. [c]
75. Ketika ayah dan ibu Hermawan menikah, masing-masing telah mempunyai seorang anak. Sekarang Hermawan lahir persis setahun sehabis perkawinan tersebut, dan mempunyai 4 saudara.
a. Hermawan mempunyai 2 orang adik kandung
b. Hermawan merupakan anak tertua dalam keluarga.
c. Hermawan tidak mempunyai saudara tiri.
d. Hermawan mempunyai 4 orang adik.
76. Jika pernyataan “Semua Dokter ialah laki-laki” salah, maka :
a. Sementara dokter ialah laki-laki.
b. Sementara pria ialah bukan dokter.
c. Sementara dokter ialah bukan laki-laki.
d. Tidak ada dokter yang bukan laki-laki.
Kalimat:
Semua A adalah B
Ingkaran-nya adalah
Beberapa Abukan B.
Kalimat:
Beberapa A adalah B
Ingkaran-nya adalah
Semua A adalah bukan B.
Kalimat:
Semua Dokter
adalah laki-laki
Ingkaran-nya adalah
Beberapa dokter ialah bukan laki-laki. [c]
“Bukan laki-laki, tidak selalu bermakna perempuan. Bisa saja bukan perempuan, tapi ... 😉”
77. Merpati terbang ke utara. Merpati ialah burung.
a. Beberapa burung terbang ke utara.
b. Semua burung ialah merpati.
c. Tidak setiap merpati yang terbang ke utara ialah burung.
d. Burung bukan merpati.
Merpati terbang ke utara.
Merpati ialah burung.
a. Beberapa burung terbang ke utara. (benar)
Merpati ialah serpihan dari burung yang terbang ke utara.
b. Semua burung ialah merpati. (salah)
Semua merpati ialah burung, tapi tidak semua burung ialah merpati... 😊 (belum tentu berlaku sebaliknya!)
c. Tidak setiap merpati yang terbang ke utara ialah burung. (salah)
semua merpati ialah burung, terbang kemanapun tetap menjadi burung, tidak menjadi ayam/ bebek... 😊
d. Burung bukan merpati. (salah)
Semua burung bukan merpati ialah salah, lantaran merpati ialah burung.
D. Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.
78.
79.
2 x 7,5 = 15, maka 2 ¼ x 7,5 = 15 lebih.
1 ½ = 3/2 maka 7,5 : 3/2 = 7,5 x 2/3 = 5
Sehingga 15 lebih – 5 = 10 lebih.
Maka balasan yang paling mendekati ialah 11,875 [d]
1 ½ = 3/2 maka 7,5 : 3/2 = 7,5 x 2/3 = 5
Sehingga 15 lebih – 5 = 10 lebih.
Maka balasan yang paling mendekati ialah 11,875 [d]
66. 1 + 2 + 3 + 4 + 5 + .......... +29 =
a. 435
b. 280
c. 465
d. 300
Ada 2 cara sederhana, yakni :
Cara pertama:
Buatlah pasangan jumlahan yang gampang dihitung sbb :
(1+29)+(2+28)+(3+27)+...(14+16)
= 30 x 14
= 420.
Karena ini ialah jumlahan ganjil, maka ada bilangan tengah yang belum sanggup pasangan yaitu 15.
Maka hasil selesai ialah 420 + 15 = 435
(Lain kali bila muncul soal jumlahan genap, maka semua bilangan mendapat pasangan jumlahan).
Cara kedua:
Ini termasuk kategori soal jumlahan bilangan asli.
Jumlah N pertama bilangan orisinil mempunyai rumus:
½N x (N+1).
Pada soal di atas N=29, maka
(29/2) x (29+1)
= 29/2 x 30
= 29 x 15
= 435
Dan ibarat biasa, anda tidak perlu menghitung 15 x 29.
Mengapa? Jelas bikin pusing! Apalagi anda agak malas menghitung yang rumit-rumit?! 😊
Benar! Pikirkan saja 15 x 30 = 450. Maka balasan yang paling
mendekati tentu saja ialah 435. [a]
Dengan cara kedua ini, anda bisa menghitung untuk N berapapun. Misalnya suatu ketika anda diminta menghitung berapakah:
1 + 2 + 3 + ... + 1000 ?
Di sini nilai N=1000, maka dengan rumus tersebut :
500 x 1001 = 500.500
Mudah bukan? 😊
Cara pertama:
Buatlah pasangan jumlahan yang gampang dihitung sbb :
(1+29)+(2+28)+(3+27)+...(14+16)
= 30 x 14
= 420.
Karena ini ialah jumlahan ganjil, maka ada bilangan tengah yang belum sanggup pasangan yaitu 15.
Maka hasil selesai ialah 420 + 15 = 435
(Lain kali bila muncul soal jumlahan genap, maka semua bilangan mendapat pasangan jumlahan).
Cara kedua:
Ini termasuk kategori soal jumlahan bilangan asli.
Jumlah N pertama bilangan orisinil mempunyai rumus:
½N x (N+1).
Pada soal di atas N=29, maka
(29/2) x (29+1)
= 29/2 x 30
= 29 x 15
= 435
Dan ibarat biasa, anda tidak perlu menghitung 15 x 29.
Mengapa? Jelas bikin pusing! Apalagi anda agak malas menghitung yang rumit-rumit?! 😊
Benar! Pikirkan saja 15 x 30 = 450. Maka balasan yang paling
mendekati tentu saja ialah 435. [a]
Dengan cara kedua ini, anda bisa menghitung untuk N berapapun. Misalnya suatu ketika anda diminta menghitung berapakah:
1 + 2 + 3 + ... + 1000 ?
Di sini nilai N=1000, maka dengan rumus tersebut :
500 x 1001 = 500.500
Mudah bukan? 😊
67. 1² + 2² + 3² + 4² + 5² + .......... + 9² =
a. 275
b. 285
c. 385
d. 485
Soal ibarat ini paling simpel dikerjakan dengan cara hitungan biasa.
1² + 2² + .......... + 9²
= 1 + 4 + 9 + 16 + 25 +36 + 49 +64+ 81
= (1+49)+(4+36)+(9+81)+(16+64)+25 (*)
= 50+40+90+80+25
= 285 [b]
Meskipun sesungguhnya ada rumus untuk menghitung jumlahan bilangan kuadrat, namun tidak kami berikan di sini. Sebab bila anda terlalu banyak menghafal rumus, efeknya akan kurang bagus.
Apalagi rumusnya sedikit rumit, tentu anda akan terbebani. Berdasarkan pengalaman, soal-soal yang selama ini keluar tidak harus dikerjakan dengan rumus. Dan memang ibarat itulah PSIKOTES, tes yang apa adanya... 😀
(*) Langkah pengerjaan dengan pengelompokan ibarat ini akan lebih memudahkan penghitungan.
Caranya ialah dengan mencari kelompok bilangan yang bila dijumlahkan akan menjadi bentuk puluhan. Kemudian bilangan yang telah anda kelompokkan dicoret semoga anda tidak bingung.
Misalnya untuk langkah di atas bila ditulis:
= 1 + 4 + 9 + 16 + 25 +36 + 49 +64+ 81
= (1+49)+(4+36)+(9+...dst
1² + 2² + .......... + 9²
= 1 + 4 + 9 + 16 + 25 +36 + 49 +64+ 81
= (1+49)+(4+36)+(9+81)+(16+64)+25 (*)
= 50+40+90+80+25
= 285 [b]
Meskipun sesungguhnya ada rumus untuk menghitung jumlahan bilangan kuadrat, namun tidak kami berikan di sini. Sebab bila anda terlalu banyak menghafal rumus, efeknya akan kurang bagus.
Apalagi rumusnya sedikit rumit, tentu anda akan terbebani. Berdasarkan pengalaman, soal-soal yang selama ini keluar tidak harus dikerjakan dengan rumus. Dan memang ibarat itulah PSIKOTES, tes yang apa adanya... 😀
(*) Langkah pengerjaan dengan pengelompokan ibarat ini akan lebih memudahkan penghitungan.
Caranya ialah dengan mencari kelompok bilangan yang bila dijumlahkan akan menjadi bentuk puluhan. Kemudian bilangan yang telah anda kelompokkan dicoret semoga anda tidak bingung.
Misalnya untuk langkah di atas bila ditulis:
= 1 + 4 + 9 + 16 + 25 +36 + 49 +64+ 81
= (1+49)+(4+36)+(9+...dst
68. Jika a=5 dan b=2, maka nilai dari a³ – 3a²b + 3ab² – b³ =
a. -81
b. -27
c. 27
d. 81
Bagi mereka yang belum mengenal rumus (a - b)³, maka soal tersebut bisa diselesaikan dengan cara memasukkan eksklusif masing-masing nilai a dan b. Sehingga diperoleh:
5³ – 3x5³x2 + 3x5x2² – 2³
= 125 – 150 + 60 – 8
= 185 – 158
= 27
Bagi anda yang sudah tahu bahwa persamaan tersebut ternyata sama dengan (a - b) ³, maka dengan gampang anda sanggup menghitung
(5-2) ³ = 3³ = 27 [c]
Perhatikan berapa waktu yang sanggup anda ekonomis bila anda pernah mengerjakan dengan memakai rumus tersebut!
Untuk hasil yang lebih baik, silahkan terapkan pada soal-soal yang berbeda. Bisa juga anda coba untuk (a + b)³.
5³ – 3x5³x2 + 3x5x2² – 2³
= 125 – 150 + 60 – 8
= 185 – 158
= 27
Bagi anda yang sudah tahu bahwa persamaan tersebut ternyata sama dengan (a - b) ³, maka dengan gampang anda sanggup menghitung
(5-2) ³ = 3³ = 27 [c]
Perhatikan berapa waktu yang sanggup anda ekonomis bila anda pernah mengerjakan dengan memakai rumus tersebut!
Untuk hasil yang lebih baik, silahkan terapkan pada soal-soal yang berbeda. Bisa juga anda coba untuk (a + b)³.
69. (882 + 115)² =
a. 994.003
b. 994.004
c. 994.009
d. 894.003
Kami rasa hingga di sini anda mulai terbiasa dengan penyelesaian soal yang simpel dan efektif. Pada soal tersebut sama saja ditanyakan nilai dari 997².
Angka berapa yang terlintas di pikiran anda ketika melihat angka 997?
1000. Benar! Karena 1000 ialah bilangan terdekat dan termudah untuk dihitung. Tentu saja anda bisa eksklusif menyampaikan bahwa hasilnya kurang dari 1000², yaitu 1 juta kurang sedikit. Kemudian dengan melihat ekor bilangan dari 997 yaitu 7, anda sanggup menyampaikan bahwa jawabnnya niscaya berakhir dengan angka 9.
Mengapa?? Ya, lantaran bila 7 dikuadratkan, maka hasilnya ialah 49.
Sehingga anda cari balasan yang dekat dengan 1 juta dan berakhir dengan angka 9.
Maka jawabannya ialah 994.009😀 [c]
Jika kurang sreg, anda sanggup memakai cara alternatif sbb:
Yang harus anda lakukan ialah menciptakan bentuk yang nilainya sama dengan 997² dengan menyertakan angka 1000.
Yaitu 997² = (1000 – 3) ²
Sehingga dengan rumus (a - b) ² = a² - 2ab + b² anda sanggup menghitung hasilnya adalah:
1000.000 – 6.000 + 9 = 994.009 😀
Supaya anda lebih mahir dan lincah, silahkan terapkan pada soal-soal yang lain. Bisa juga anda coba untuk (a + b) ².
Angka berapa yang terlintas di pikiran anda ketika melihat angka 997?
1000. Benar! Karena 1000 ialah bilangan terdekat dan termudah untuk dihitung. Tentu saja anda bisa eksklusif menyampaikan bahwa hasilnya kurang dari 1000², yaitu 1 juta kurang sedikit. Kemudian dengan melihat ekor bilangan dari 997 yaitu 7, anda sanggup menyampaikan bahwa jawabnnya niscaya berakhir dengan angka 9.
Mengapa?? Ya, lantaran bila 7 dikuadratkan, maka hasilnya ialah 49.
Sehingga anda cari balasan yang dekat dengan 1 juta dan berakhir dengan angka 9.
Maka jawabannya ialah 994.009😀 [c]
Jika kurang sreg, anda sanggup memakai cara alternatif sbb:
Yang harus anda lakukan ialah menciptakan bentuk yang nilainya sama dengan 997² dengan menyertakan angka 1000.
Yaitu 997² = (1000 – 3) ²
Sehingga dengan rumus (a - b) ² = a² - 2ab + b² anda sanggup menghitung hasilnya adalah:
1000.000 – 6.000 + 9 = 994.009 😀
Supaya anda lebih mahir dan lincah, silahkan terapkan pada soal-soal yang lain. Bisa juga anda coba untuk (a + b) ².
DERET ANGKA
231 | .... | 453 | 564 |
Jawab: b. 342
POLA: ditambah 111.
POLA: ditambah 111.
71.
... | 2 | 5 | 6 | 7 | 10 | 9 | 14 |
a. 6
b. 5
c. 4d. 3
POLA: tipe pola bilangan 2 larik (mulai rumit nih...😃)
Yang warna pink ditambah 2.
Yang warna hijau ditambah 4.
Jawab: D. 3
Yang warna pink ditambah 2.
Yang warna hijau ditambah 4.
Jawab: D. 3
72.
42 | 13 | 19 | 49 | 19 | 19 | 56 | 25 | 19 | ... | ... |
b. 62 31
c. 63 31
d. 66 34
Jawab: c. 63 31
POLA: tipe pola bilangan 3 larik (lebih sulit nih...😄).
Yang pink ditambah 7.Yang hijau ditambah 6.Yang merah tetap 19 seterusnya.
POLA: tipe pola bilangan 3 larik (lebih sulit nih...😄).
Yang pink ditambah 7.Yang hijau ditambah 6.Yang merah tetap 19 seterusnya.
73.
5 | 6 | 7 | 8 | 10 | 11 | 14 | ... | ... |
c. 14 18
d. 38 39
Jawab: a. 15 19
POLA: tipe pola bilangan 2 larik (semakin rumit...😀).
POLA: tipe pola bilangan 2 larik (semakin rumit...😀).
Yang warna pink ditambah 2, ditambah 3, ditambah 4, dst.
yang warna hijau ditambah 2, ditambah 3, ditambah 4, dst.
C. Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melaksanakan daypikir secara runtut dan sistematis;
74. Semua karyawan harus hadir dalam rapat rutin. Sementara office boy ialah karyawan.
a. Semua yang hadir dalam rapat rutin ialah office boy.
b. Sementara peserta rapat rutin bukan karyawan.
c. Sementara peserta rapat rutin ialah office boy.
d. Semua office boy hadir dalam rapat rutin.
b. Sementara peserta rapat rutin bukan karyawan.
c. Sementara peserta rapat rutin ialah office boy.
d. Semua office boy hadir dalam rapat rutin.
Dalam soal-soal SILOGISME
Sementara/ sebagian/ beberapa/ ada/ mungkin semua
, maka artinya ialah TIDAK SEMUANYA atau MINIMAL SATU ANGGOTA.
(jika dalam gambar, gunakan 2 tanda panah).
Semua/ setiap
, artinya ialah SELURUH ANGGOTA TANPA KECUALI.
(jika dalam gambar, gunakan 1 panah saja).
Semua
karyawan harus hadir dalam rapat rutin.
(artinya SELURUH karyawan hadir dalam rapat, maka diberi 1 tanda panah).
Sementara
office boy ialah karyawan.
(artinya TIDAK SEMUA ialah karyawan, maka diberi 2 tanda panah, yaitu karyawan dan bukan karyawan).
Tinggal lihat pilihan jawaban, maka yang sesuai gambar adalah:
Jawab: Sementara peserta rapat rutin ialah office boy. [c]
75. Ketika ayah dan ibu Hermawan menikah, masing-masing telah mempunyai seorang anak. Sekarang Hermawan lahir persis setahun sehabis perkawinan tersebut, dan mempunyai 4 saudara.
a. Hermawan mempunyai 2 orang adik kandung
b. Hermawan merupakan anak tertua dalam keluarga.
c. Hermawan tidak mempunyai saudara tiri.
d. Hermawan mempunyai 4 orang adik.
Tips: ambillah kesimpulan dari setiap kalimat.
Ketika ayah dan ibu Hermawan menikah, masing-masing telah mempunyai seorang anak.
➧ berarti Hermawan mempunyai 2 abang tiri.
Hermawan lahir persis setahun sehabis perkawinan tersebut, dan memiliki 4 saudara.
➧ berarti Hermawan mempunyai 2 saudara lagi, dan keduanya ialah saudara kandung.
Kesimpulan yang benar:
Hermawan mempunyai 2 adik kandung. [a]
(bukan 4 adik kandung! 😉 Perhatikan kalimatnya baik-baik! 😊
Jawab: Sementara peserta rapat rutin ialah office boy. [c]
Ketika ayah dan ibu Hermawan menikah, masing-masing telah mempunyai seorang anak.
➧ berarti Hermawan mempunyai 2 abang tiri.
Hermawan lahir persis setahun sehabis perkawinan tersebut, dan memiliki 4 saudara.
➧ berarti Hermawan mempunyai 2 saudara lagi, dan keduanya ialah saudara kandung.
Kesimpulan yang benar:
Hermawan mempunyai 2 adik kandung. [a]
(bukan 4 adik kandung! 😉 Perhatikan kalimatnya baik-baik! 😊
Jawab: Sementara peserta rapat rutin ialah office boy. [c]
TIPS : Latihlah soal-soal TIU sebanyak-banyaknya mungkin, karena akan menciptakan anda dekat dengan banyak sekali jenis dan model soal. Analisa anda dalam mengerjakan soal soal tersebut juga akan meningkat seiring dengan banyaknya latihan yang anda kerjakan
76. Jika pernyataan “Semua Dokter ialah laki-laki” salah, maka :
a. Sementara dokter ialah laki-laki.
b. Sementara pria ialah bukan dokter.
c. Sementara dokter ialah bukan laki-laki.
d. Tidak ada dokter yang bukan laki-laki.
Tips:
Kalimat yang salah, berarti yang benar adalah INGKARAN atau lawannya. Lawan SEMUA adalah BEBERAPA/ SEMENTARA.
Perhatikan:Kalimat yang salah, berarti yang benar adalah INGKARAN atau lawannya. Lawan SEMUA adalah BEBERAPA/ SEMENTARA.
Kalimat:
Semua A adalah B
Ingkaran-nya adalah
Beberapa Abukan B.
Kalimat:
Beberapa A adalah B
Ingkaran-nya adalah
Semua A adalah bukan B.
Kalimat:
Semua Dokter
adalah laki-laki
Ingkaran-nya adalah
Beberapa dokter ialah bukan laki-laki. [c]
“Bukan laki-laki, tidak selalu bermakna perempuan. Bisa saja bukan perempuan, tapi ... 😉”
77. Merpati terbang ke utara. Merpati ialah burung.
a. Beberapa burung terbang ke utara.
b. Semua burung ialah merpati.
c. Tidak setiap merpati yang terbang ke utara ialah burung.
d. Burung bukan merpati.
Di awal pembahasan, anda telah kami beri tips untuk menggambar dengan tujuan semoga anda tidak menjadi resah dengan kalimat-kalimat nalar yang diberikan. Tetapi bila anda menemui soal yang anda rasa cukup sederhana, maka anda tidak harus menggambar terlebih dahulu!
Sekarang, mari kita coba mengerjakan soal ini dengan metode langsung. Ingat, kalimat yang tidak didahului oleh kata semua/ beberapa maka maksudnya ialah SEMUA
. Sekarang, mari kita coba mengerjakan soal ini dengan metode langsung. Ingat, kalimat yang tidak didahului oleh kata semua/ beberapa maka maksudnya ialah SEMUA
Merpati terbang ke utara.
Merpati ialah burung.
a. Beberapa burung terbang ke utara. (benar)
Merpati ialah serpihan dari burung yang terbang ke utara.
b. Semua burung ialah merpati. (salah)
Semua merpati ialah burung, tapi tidak semua burung ialah merpati... 😊 (belum tentu berlaku sebaliknya!)
c. Tidak setiap merpati yang terbang ke utara ialah burung. (salah)
semua merpati ialah burung, terbang kemanapun tetap menjadi burung, tidak menjadi ayam/ bebek... 😊
d. Burung bukan merpati. (salah)
Semua burung bukan merpati ialah salah, lantaran merpati ialah burung.
D. Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.
78.
Jawab: Mengecil secara proporsional. (B)
79.
Jawab: Diputar 180º (A)
80.
Jawab: Diputar kekiri sebesar 90º (C)
III. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
81. Saya telah mempersiapkan diri dengan baik sebelum melaksanakan presentasi di kantor besok pagi.
A. Saya yakin besok presentasi saya berjalan dengan baik, namun saya tetap mempersiapkan dengan maksimal.
B. Meski begitu saya cemas kalau-kalau ternyata besok presentasi saya kurang lancar
C. Saya pasrah bila ada kendala
D. Tak mungkin presentasi saya tidak lancar
E. Tapi Mungkin saja presentasi saya terganggu hal lain
JAWABAN:
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Saya yakin besok presentasi saya berjalan dengan baik, namun saya tetap mempersiapkan dengan maksimal. (Poin 5)
B. Meski begitu saya cemas kalau-kalau ternyata besok presentasi saya kurang lancar (Poin 1)
C. Saya pasrah bila ada hambatan (Poin 3)
D. Tak mungkin presentasi saya tidak lancar (Poin 2)
E. Tapi Mungkin saja presentasi saya terganggu hal lain (Poin 4)
82. Dalam setiap pekerjaan niscaya mempunyai job description masing-masing, dan saya telah melaksanakan sesuai dengan job description tersebut.Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Saya yakin besok presentasi saya berjalan dengan baik, namun saya tetap mempersiapkan dengan maksimal. (Poin 5)
B. Meski begitu saya cemas kalau-kalau ternyata besok presentasi saya kurang lancar (Poin 1)
C. Saya pasrah bila ada hambatan (Poin 3)
D. Tak mungkin presentasi saya tidak lancar (Poin 2)
E. Tapi Mungkin saja presentasi saya terganggu hal lain (Poin 4)
A. Ditengah-tengah kesibukan pekerjaan, saya tetap mau membantu sahabat menuntaskan pekerjaannya yang tertunda
B. Saya akan membantu mitra saya yang lain bila diminta.
C. Saya mau mempelajari hal lain diluar deskripsi jabatan saya.
D. Saya hanya akan melaksanakan pekerjaan diluar deskripsi jabatan bila diminta oleh atasan.
E. Enggan berkontribusi lebih dari apa yang telah dikerjakan ketika ini.
JAWABAN:
JAWABAN:
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Ditengah-tengah kesibukan pekerjaan, saya tetap mau membantu sahabat menuntaskan pekerjaannya yang tertunda (skor 5)
B. Meski begitu saya cemas kalau-kalau ternyata besok presentasi saya kurang lancar (Poin 1)
C. Saya pasrah bila ada hambatan (Poin 3)
D. Tak mungkin presentasi saya tidak lancar (Poin 2)
E. Tapi Mungkin saja presentasi saya terganggu hal lain (Poin 4)
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Ditengah-tengah kesibukan pekerjaan, saya tetap mau membantu sahabat menuntaskan pekerjaannya yang tertunda (skor 5)
B. Meski begitu saya cemas kalau-kalau ternyata besok presentasi saya kurang lancar (Poin 1)
C. Saya pasrah bila ada hambatan (Poin 3)
D. Tak mungkin presentasi saya tidak lancar (Poin 2)
E. Tapi Mungkin saja presentasi saya terganggu hal lain (Poin 4)
83. Saya diutus untuk menghadiri seminar menggantikan atasan saya. Pada ketika yang bersamaan saya sedang mengerjakan laporan yang tidak terlalu mendesak.
A. Saya akan selesaikan terlebih dahulu laporan tersebut, lantaran bisa saja diminta oleh atasan sewaktu-waktu.(skor 5)
B. Laporan tersebut akan menjadi merepotkan kalau tertunda.(skor 3)
C. Saya akan menghadiri seminar tersebut semoga sanggup menghindar dari kiprah laporan.(skor 4)
D. Saya akan menghadiri seminar tersebut lantaran laporan belum harus segera diserahkan kepada atasan.(skor 1)
E. Saya bisa menghadiri seminar dan mengerjakan laporannya nanti saja.(skor 2)
JAWABAN:
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Saya akan selesaikan terlebih dahulu laporan tersebut, lantaran bisa saja diminta oleh atasan sewaktu-waktu.(skor 5)
B. Laporan tersebut akan menjadi merepotkan kalau tertunda.(skor 3)
C. Saya akan menghadiri seminar tersebut semoga sanggup menghindar dari kiprah laporan.(skor 4)
D. Saya akan menghadiri seminar tersebut lantaran laporan belum harus segera diserahkan kepada atasan.(skor 1)
E. Saya bisa menghadiri seminar dan mengerjakan laporannya nanti saja.(skor 2)
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Saya akan selesaikan terlebih dahulu laporan tersebut, lantaran bisa saja diminta oleh atasan sewaktu-waktu.(skor 5)
B. Laporan tersebut akan menjadi merepotkan kalau tertunda.(skor 3)
C. Saya akan menghadiri seminar tersebut semoga sanggup menghindar dari kiprah laporan.(skor 4)
D. Saya akan menghadiri seminar tersebut lantaran laporan belum harus segera diserahkan kepada atasan.(skor 1)
E. Saya bisa menghadiri seminar dan mengerjakan laporannya nanti saja.(skor 2)
84. Andi ialah seorang karyawan yang rajin. Namun apa yang akan terjadi pada masa mendatang tak ada yang tahu
A. Andi tetap saja akan terkena PHK bila ekonomi nasional lesu
B. Mustahil karyawan serajin Andi kena PHK
C. Karakter Andi sebagai karyawan rajin sanggup membantu kenaikan karirnya kelak
D. Pemecatan banyak karyawan tidaklah terlalu kuat terhadap gambaran perusahaan
E. Harusnya karyawan rajin tak boleh kena PHK
JAWABAN:
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Andi tetap saja akan terkena PHK bila ekonomi nasional lesu (Skor 4)
B. Mustahil karyawan serajin Andi kena PHK (Skor 1)
C. Karakter Andi sebagai karyawan rajin sanggup membantu kenaikan karirnya kelak (Skor 5)
D. Pemecatan banyak karyawan tidaklah terlalu kuat terhadap gambaran perusahaan (Skor 3)
E. Harusnya karyawan rajin tak boleh kena PHK (Skor 2)
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Andi tetap saja akan terkena PHK bila ekonomi nasional lesu (Skor 4)
B. Mustahil karyawan serajin Andi kena PHK (Skor 1)
C. Karakter Andi sebagai karyawan rajin sanggup membantu kenaikan karirnya kelak (Skor 5)
D. Pemecatan banyak karyawan tidaklah terlalu kuat terhadap gambaran perusahaan (Skor 3)
E. Harusnya karyawan rajin tak boleh kena PHK (Skor 2)
85. Setelah mematangkan rencana,
A. Saya masih khawatir apakah planning tersebut bisa berhasil
B. Berhasil tidaknya tak lepas dari pihak lain juga
C. Manusia berusaha sebaik-baiknya dan Tuhan yang menentukan
D. Bagaimanapun caranya planning harus berhasil
E. Saya minta pendapat orang lain terlebih dulu, lantaran pendapat banyak orang lebih baik daripada pendapat satu orang
JAWABAN:
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Saya masih khawatir apakah planning tersebut bisa berhasil (Skor 1)
B. Berhasil tidaknya tak lepas dari pihak lain juga (Skor 3)
C. Manusia berusaha sebaik-baiknya dan Tuhan yang menentukan (Skor 5)
D. Bagaimanapun caranya planning harus berhasil (Skor 2)
E. Saya minta pendapat orang lain terlebih dulu, lantaran pendapat banyak orang lebih baik daripada pendapat satu orang (Skor 4)
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Saya masih khawatir apakah planning tersebut bisa berhasil (Skor 1)
B. Berhasil tidaknya tak lepas dari pihak lain juga (Skor 3)
C. Manusia berusaha sebaik-baiknya dan Tuhan yang menentukan (Skor 5)
D. Bagaimanapun caranya planning harus berhasil (Skor 2)
E. Saya minta pendapat orang lain terlebih dulu, lantaran pendapat banyak orang lebih baik daripada pendapat satu orang (Skor 4)
86. Jika suatu planning kerja terlihat rumit, maka
A. Saya tak mau repot-repot mencobanya
B. Saya khawatir bila mencobanya dan gagal
C. Saya berani mencoba sehabis mempertimbangkan risikonya
D. Saya minta pendapat isteri Yang penting saya coba dulu
E. Yang penting saya coba dulu
JAWABAN:
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Saya tak mau repot-repot mencobanya (Skor 1)
B. Saya khawatir bila mencobanya dan gagal (Skor 2)
C. Saya berani mencoba sehabis mempertimbangkan risikonya (Skor 5)
D. Saya minta pendapat isteri Yang penting saya coba dulu (Skor 4)
E. Yang penting saya coba dulu (Skor 3)
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Saya tak mau repot-repot mencobanya (Skor 1)
B. Saya khawatir bila mencobanya dan gagal (Skor 2)
C. Saya berani mencoba sehabis mempertimbangkan risikonya (Skor 5)
D. Saya minta pendapat isteri Yang penting saya coba dulu (Skor 4)
E. Yang penting saya coba dulu (Skor 3)
87. Sikap saya terhadap perubahan, ide-ide dan cara-cara gres dalam bekerja
A. Perubahan bukan jaminan keberhasilan pekerjaan.
B. Perubahan ialah suatu yang pasti.
C. Keberhasilan pekerjaan bergantung pada jenis perubahan, ilham dan cara-cara gres tersebut
D. Stabilitas dalam bekerja lebih penting.
E. Dengan adanya perubahan, kondisi kerja niscaya lebih baik.
JAWABAN:
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Perubahan bukan jaminan keberhasilan pekerjaan.
B. Perubahan ialah suatu yang pasti.
C. Keberhasilan pekerjaan bergantung pada jenis perubahan, ilham dan cara-cara gres tersebut
D. Stabilitas dalam bekerja lebih penting.
E. Dengan adanya perubahan, kondisi kerja niscaya lebih baik. (Skor 5)
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Perubahan bukan jaminan keberhasilan pekerjaan.
B. Perubahan ialah suatu yang pasti.
C. Keberhasilan pekerjaan bergantung pada jenis perubahan, ilham dan cara-cara gres tersebut
D. Stabilitas dalam bekerja lebih penting.
E. Dengan adanya perubahan, kondisi kerja niscaya lebih baik. (Skor 5)
88. Berpindah-pindah pekerjaan ialah hal yang wajar
A. Saya tidak beropini bahwa karyawan harus setia terhadap perusahaannya
B. Saya meyakini nilai-nilai yang menyampaikan bahwa loyalitas terhadap pekerjaan ialah perilaku yang terpuji.
C. Pekerjaan saya ketika ini tidak sanggup menjamin masa depan saya.
D. Saya meyakini bahwa loyalitas itu penting, sehingga saya mencicipi pentingnya tanggung jawab moral karyawan.
E. Saya menyukai pekerjaan saya, tetapi bila ada pekerjaan yang lebih baik saya tidak ragu untuk pindah
JAWABAN:
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Saya tidak beropini bahwa karyawan harus setia terhadap perusahaannya
B. Saya meyakini nilai-nilai yang menyampaikan bahwa loyalitas terhadap pekerjaan ialah perilaku yang terpuji.
C. Pekerjaan saya ketika ini tidak sanggup menjamin masa depan saya.
D. Saya meyakini bahwa loyalitas itu penting, sehingga saya mencicipi pentingnya tanggung jawab moral karyawan.
E. Saya menyukai pekerjaan saya, tetapi bila ada pekerjaan yang lebih baik saya tidak ragu untuk pindah (Skor 5)
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Saya tidak beropini bahwa karyawan harus setia terhadap perusahaannya
B. Saya meyakini nilai-nilai yang menyampaikan bahwa loyalitas terhadap pekerjaan ialah perilaku yang terpuji.
C. Pekerjaan saya ketika ini tidak sanggup menjamin masa depan saya.
D. Saya meyakini bahwa loyalitas itu penting, sehingga saya mencicipi pentingnya tanggung jawab moral karyawan.
E. Saya menyukai pekerjaan saya, tetapi bila ada pekerjaan yang lebih baik saya tidak ragu untuk pindah (Skor 5)
89. Kerja keras dan cermat merupakan wujud upaya untuk menjadi pribadi yang bermanfaat. Berkaitan dengan hal itu saya senang..
A. Pekerjaan yang menantang.
B. Pekerjaan yang rutin.
C. Pekerjaan yang menumbuhkan kreativitas baru.
D. Bekerja dengan standar yang tinggi.
E. Bekerja tanpa mengenal lelah dan pamrih.
JAWABAN:
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Pekerjaan yang menantang.
B. Pekerjaan yang rutin.
C. Pekerjaan yang menumbuhkan kreativitas baru. (Skor 5)
D. Bekerja dengan standar yang tinggi.
E. Bekerja tanpa mengenal lelah dan pamrih.
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Pekerjaan yang menantang.
B. Pekerjaan yang rutin.
C. Pekerjaan yang menumbuhkan kreativitas baru. (Skor 5)
D. Bekerja dengan standar yang tinggi.
E. Bekerja tanpa mengenal lelah dan pamrih.
90. Saya mempunyai buku favorit dan buku tersebut dihilangkan oleh sahabat dekat saya.
A. Saya murka pada sahabat saya
B. Saya memintanya untuk mengganti buku tersebut lantaran buku itu favorit saya.
C. Saya sangat menyukai buku tersebut, namun buku itu sudah hilang.
D. Saya memusuhinya dan melarangnya meminjam buku saya lagi.
E. Saya memintanya untuk mengganti dan menyampaikan padanya untuk lebih berhati-hati bila ia meminjam buku saya lagi.
JAWABAN:
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Saya murka pada sahabat saya
B. Saya memintanya untuk mengganti buku tersebut lantaran buku itu favorit saya.
C. Saya sangat menyukai buku tersebut, namun buku itu sudah hilang.
D. Saya memusuhinya dan melarangnya meminjam buku saya lagi.
E. Saya memintanya untuk mengganti dan menyampaikan padanya untuk lebih berhati-hati bila ia meminjam buku saya lagi. (Skor 5)
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Saya murka pada sahabat saya
B. Saya memintanya untuk mengganti buku tersebut lantaran buku itu favorit saya.
C. Saya sangat menyukai buku tersebut, namun buku itu sudah hilang.
D. Saya memusuhinya dan melarangnya meminjam buku saya lagi.
E. Saya memintanya untuk mengganti dan menyampaikan padanya untuk lebih berhati-hati bila ia meminjam buku saya lagi. (Skor 5)
91. Sudah semenjak usang saya berusaha untuk memperbaiki kelemahan diri, tetapi belum juga tampak hasilnya. Pada kesudahannya saya :
A. Dengan terpaksa menerimanya
B. Menerimanya dengan sedikit kekecewaan
C. Menerimanya dengan lapang dada
D. Membenci diri sendiri
E. Meratapi diri sendiri
JAWABAN:
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Dengan terpaksa menerimanya (Skor 3)
B. Menerimanya dengan sedikit kekecewaan (Skor 4)
C. Menerimanya dengan tulus (Skor 5)
D. Membenci diri sendiri (Skor 1)
E. Meratapi diri sendiri (Skor 2)
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Dengan terpaksa menerimanya (Skor 3)
B. Menerimanya dengan sedikit kekecewaan (Skor 4)
C. Menerimanya dengan tulus (Skor 5)
D. Membenci diri sendiri (Skor 1)
E. Meratapi diri sendiri (Skor 2)
92. Untuk mencapai tujuan kelompok yang telah ditetapkan saya :
A. Tidak mempermasalahkan apakah orang lain mau bekerja dengan baik atau tidak
B. Mendorong orang lain untuk bekerja dengan baik bila situasi memungkinkan
C. Mendorong orang lain bekerja dengan baik bila diperlukan
D. Menstimulasi orang lain untuk mau bekerja dengan baik
E. Mengajak orang lain bahu-membahu untuk bekerja dengan baik
JAWABAN:
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Tidak mempermasalahkan apakah orang lain mau bekerja dengan baik atau tidak (Skor 1)
B. Mendorong orang lain untuk bekerja dengan baik bila situasi memungkinkan (Skor 2)
C. Mendorong orang lain bekerja dengan baik bila diharapkan (Skor 3)
D. Menstimulasi orang lain untuk mau bekerja dengan baik (Skor 5)
E. Mengajak orang lain bahu-membahu untuk bekerja dengan baik (Skor 4)
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Tidak mempermasalahkan apakah orang lain mau bekerja dengan baik atau tidak (Skor 1)
B. Mendorong orang lain untuk bekerja dengan baik bila situasi memungkinkan (Skor 2)
C. Mendorong orang lain bekerja dengan baik bila diharapkan (Skor 3)
D. Menstimulasi orang lain untuk mau bekerja dengan baik (Skor 5)
E. Mengajak orang lain bahu-membahu untuk bekerja dengan baik (Skor 4)
93. Ketika sahabat kantor sedang membicarakan satu sahabat yang bermasalah, saya akan ;
A. Membicarakan dengan sahabat dekat kemungkinan terbaik
B. Mengajak teman-teman mempertimbangkan suatu tindakan tertentu
C. Meyakinkan teman-teman akan keperluannya dilakukan suatu tindakan
D. Mengajukan usulan alternatif tindakan yang tepat
E. Menyetujui saja apa yang menjadi keputusan
JAWABAN:
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Membicarakan dengan sahabat dekat kemungkinan terbaik (Skor 4)
B. Mengajak teman-teman mempertimbangkan suatu tindakan tertentu (Skor 3)
C. Meyakinkan teman-teman akan keperluannya dilakukan suatu tindakan (Skor 2)
D. Mengajukan usulan alternatif tindakan yang tepat (Skor 5)
E. Menyetujui saja apa yang menjadi keputusan (Skor 1)
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Membicarakan dengan sahabat dekat kemungkinan terbaik (Skor 4)
B. Mengajak teman-teman mempertimbangkan suatu tindakan tertentu (Skor 3)
C. Meyakinkan teman-teman akan keperluannya dilakukan suatu tindakan (Skor 2)
D. Mengajukan usulan alternatif tindakan yang tepat (Skor 5)
E. Menyetujui saja apa yang menjadi keputusan (Skor 1)
94. Ketika sedang mengerjakan kiprah bersama yang harus selesai pada hari itu, seorang sahabat akan meninggalkan terlebih dahulu, maka saya:
A. Memaksa untuk tetap tinggal
B. Membujuknya untuk menuntaskan tugas
C. Mempersilakan pergi
D. Meminta pertimbangan sahabat yang lain
E. Memintanya untuk mempertimbangkan
JAWABAN:
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Memaksa untuk tetap tinggal (Skor 2)
B. Membujuknya untuk menuntaskan kiprah (Skor 4)
C. Mempersilakan pergi (Skor 1)
D. Meminta pertimbangan sahabat yang lain (Skor 3)
E. Memintanya untuk mempertimbangkan (Skor 5)
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Memaksa untuk tetap tinggal (Skor 2)
B. Membujuknya untuk menuntaskan kiprah (Skor 4)
C. Mempersilakan pergi (Skor 1)
D. Meminta pertimbangan sahabat yang lain (Skor 3)
E. Memintanya untuk mempertimbangkan (Skor 5)
95. Saya mengerjakan kiprah koreksi laporan kantor yang harus selesai besok pagi. Tiba-tiba sahabat tiba dengan muka cemberut dan sepertinya ingin curhat (mencurahkan isi hati) kepada saya. Atas kejadian itu saya :
A. Menanggapi dan memberi banyak sekali alternatif penyelesaiannya
B. Meneruskan koreksi laporan dan tidak memerdulikan harapan sahabat saya
C. Mendengarkan ceritanya dengan penuh perhatian
D. Dengan menyesal tidak sanggup mendengarkan keluhannya
E. Terus mengoreksi laporan sambil sesekali mendengarkan ceritanya
JAWABAN:
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Menanggapi dan memberi banyak sekali alternatif penyelesaiannya (Skor 2)
B. Meneruskan koreksi laporan dan tidak memerdulikan harapan sahabat saya (Skor 3)
C. Mendengarkan ceritanya dengan penuh perhatian (Skor 1)
D. Dengan menyesal tidak sanggup mendengarkan keluhannya (Skor 4)
E. Terus mengoreksi laporan sambil sesekali mendengarkan ceritanya (Skor 5)
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Menanggapi dan memberi banyak sekali alternatif penyelesaiannya (Skor 2)
B. Meneruskan koreksi laporan dan tidak memerdulikan harapan sahabat saya (Skor 3)
C. Mendengarkan ceritanya dengan penuh perhatian (Skor 1)
D. Dengan menyesal tidak sanggup mendengarkan keluhannya (Skor 4)
E. Terus mengoreksi laporan sambil sesekali mendengarkan ceritanya (Skor 5)
96. Ketika muncul suatu problem dan terkait dengan hal-hal yang menjadi kewajiban saya, maka saya :
A. Akan bertanggung jawab
B. Menunjuk orang lain sebagai penyebab
C. Mencermati dulu apakah saya terlibat di dalamnya
D. Melihat dulu apakah saya sebagai sumber masalah
E. Membiarkan problem tetap berlangsung
JAWABAN:
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Akan bertanggung jawab (Skor 5)
B. Menunjuk orang lain sebagai penyebab (Skor 1)
C. Mencermati dulu apakah saya terlibat di dalamnya (Skor 3)
D. Melihat dulu apakah saya sebagai sumber problem (Skor 4)
E. Membiarkan problem tetap berlangsung (Skor 2)
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Akan bertanggung jawab (Skor 5)
B. Menunjuk orang lain sebagai penyebab (Skor 1)
C. Mencermati dulu apakah saya terlibat di dalamnya (Skor 3)
D. Melihat dulu apakah saya sebagai sumber problem (Skor 4)
E. Membiarkan problem tetap berlangsung (Skor 2)
97. Kerja keras dan cermat merupakan wujud upaya untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi organisasi. Berkaitan dengan hal tersebut, saya bahagia ...
A. Bekerja dengan standar hasil yang tinggi
B. Pekerjaan yang menumbuhkan kreativitas baru
C. Pekerjaan yang rutin
D. Pekerjaan yang menantang
E. Bekerja tanpa mengenal lelah dan pamrih
JAWABAN:
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Bekerja dengan standar hasil yang tinggi (Skor 5)
B. Pekerjaan yang menumbuhkan kreativitas gres (Skor 4)
C. Pekerjaan yang rutin (Skor 2)
D. Pekerjaan yang menantang (Skor 3)
E. Bekerja tanpa mengenal lelah dan pamrih (Skor 1)
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Bekerja dengan standar hasil yang tinggi (Skor 5)
B. Pekerjaan yang menumbuhkan kreativitas gres (Skor 4)
C. Pekerjaan yang rutin (Skor 2)
D. Pekerjaan yang menantang (Skor 3)
E. Bekerja tanpa mengenal lelah dan pamrih (Skor 1)
98. Ketika saya harus menjelaskan sesuatu kepada orang lain hal yang terjadi adalah:
A. Kebanyakan orang ingin semoga klarifikasi tersebut diulang
B. Sebagian orang masih meminta penjelasan
C. Orang memahami klarifikasi saya
D. Orang menjadi antusias atas klarifikasi saya
E. Tidak ada seorang pun yang menawarkan tanggapan
JAWABAN:
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Kebanyakan orang ingin semoga klarifikasi tersebut diulang (Skor 3)
B. Sebagian orang masih meminta klarifikasi (Skor 2)
C. Orang memahami klarifikasi saya (Skor 4)
D. Orang menjadi antusias atas klarifikasi saya (Skor 5)
E. Tidak ada seorang pun yang menawarkan tanggapan (Skor 1)
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Kebanyakan orang ingin semoga klarifikasi tersebut diulang (Skor 3)
B. Sebagian orang masih meminta klarifikasi (Skor 2)
C. Orang memahami klarifikasi saya (Skor 4)
D. Orang menjadi antusias atas klarifikasi saya (Skor 5)
E. Tidak ada seorang pun yang menawarkan tanggapan (Skor 1)
99. Pada pertemuan keluarga dalam rangka merayakan hari raya, saya :
A. Berusaha menjajagi peluang untuk mendapatkan kesempatan pengembangan masa depan saya
B. Mengarahkan pembicaraan pada halhal yang memungkinkan orang lain mengetahui kelebihan saya
C. Berusaha memuaskan tamu dengan menjamu tamu sebaik-baiknya
D. Menunggu kesempatan untuk mendapatkan proposal bagi pengembangan masa depan saya
E. Menjamu dengan ramah sambil memperlihatkan kelemahan saya
JAWABAN:
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Berusaha menjajagi peluang untuk mendapatkan kesempatan pengembangan masa depan saya (Skor 5)
B. Mengarahkan pembicaraan pada hal-hal yang memungkinkan orang lain mengetahui kelebihan saya (Skor 2)
C. Berusaha memuaskan tamu dengan menjamu tamu sebaik-baiknya (Skor 45)
D. Menunggu kesempatan untuk mendapatkan proposal bagi pengembangan masa depan saya (Skor 3)
E. Menjamu dengan ramah sambil memperlihatkan kelemahan saya (Skor 1)
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Berusaha menjajagi peluang untuk mendapatkan kesempatan pengembangan masa depan saya (Skor 5)
B. Mengarahkan pembicaraan pada hal-hal yang memungkinkan orang lain mengetahui kelebihan saya (Skor 2)
C. Berusaha memuaskan tamu dengan menjamu tamu sebaik-baiknya (Skor 45)
D. Menunggu kesempatan untuk mendapatkan proposal bagi pengembangan masa depan saya (Skor 3)
E. Menjamu dengan ramah sambil memperlihatkan kelemahan saya (Skor 1)
100. Dalam melaksanakan suatu kiprah yang dipercayakan kepada saya, saya ...
A. Selalu mencari alternatif lain semoga tidak mengambil keputusan sendiri
B. Tidak berani mengambil keputusan sendiri
C. Selalu menunggu keputusan pimpinan
D. Berani mengambil keputusan lantaran kiprah tersebut telah dipercayakan kepada saya
E. Menyadari bahwa keputusan pimpinan diharapkan bila keputusan tersebut diluar wewenang saya
JAWABAN:
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Selalu mencari alternatif lain semoga tidak mengambil keputusan sendiri (Skor 3)
B. Tidak berani mengambil keputusan sendiri (Skor 2)
C. Selalu menunggu keputusan pimpinan (Skor 1)
D. Berani mengambil keputusan lantaran kiprah tersebut telah dipercayakan kepada saya (Skor 5)
E. Menyadari bahwa keputusan pimpinan diharapkan bila keputusan tersebut diluar wewenang saya (Skor 4)
Penilian memakai skala nilai skor/ poin:
A. Selalu mencari alternatif lain semoga tidak mengambil keputusan sendiri (Skor 3)
B. Tidak berani mengambil keputusan sendiri (Skor 2)
C. Selalu menunggu keputusan pimpinan (Skor 1)
D. Berani mengambil keputusan lantaran kiprah tersebut telah dipercayakan kepada saya (Skor 5)
E. Menyadari bahwa keputusan pimpinan diharapkan bila keputusan tersebut diluar wewenang saya (Skor 4)
Demikan artikel yang sanggup kami berikan ihwal '' Contoh Soal CPNS Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Pembahasannya Lengkap 2018 ''. Semoga bermanfaat.
0 Response to "Contoh Soal Cpns Tes Kompetensi Dasar (Tkd) Dan Pembahasannya Lengkap 2018"
Post a Comment