Fiqhu Sunnah, Menulis Dan Menerjemahkan

FIQHU SUNNAH

Menulis dan Menerjemahkan

Disusun guna Memenuhi Tugas Akhir Smester
Mata Kuliah : Batsul Kutub
Dosen Pengampu : Masdi

Hukumnya ialah ia suci lagi mengsucikan FIQHU SUNNAH, MENULIS DAN MENERJEMAHKAN















 


Disusun Oleh :

 ....................................................................................................................................


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) KUDUS
JURUSAN TARBIYAH/PAI
TAHUN 2014














TUGAS TERSTRUKTUR

ا لقسم الول من المىا ه : الماء المطلق
الطهارة المياه وأقسامها القسم الاول من المياه : الماء المطلق

وحكمه أنه طهور : أي أنه طاهر في نفسه مطهر لغيره ويندرج تحته من الانواع ما يأتي - ماء المطر والثلج والبرد لقول الله تعالى : ( وينزل عليكم من السماء ماء ليطهركم به ) وقوله تعالى ( وأنزلنا من السماء ماء طهورا ) ولحديث أبي هريرة رضي الله عنه قال : كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا كبر في الصلاة سكت هنيهة قبل القراءة ، فقلت : يا رسول الله - بأبي أنت وأمي - أرأيت سكوتك بين التكبير والقراءة ما تقول ؟ قال : ( أقول اللهم باعد بيني وبين خطاياي كما باعدت بين المشرق والمغرب ، اللهم نقني من خطاياي كما ينقى الثوب الابيض من الدنس ، اللهم اغسلني من خطاياي بالثلج والماء والبرد ) رواه الجماعة إلا الترمذي  

THAHARAH ( BERSUCI )
AIR DAN MACAM-MACAMNYA

Air yang pertama : Air Mutlaq
Hukumnya ialah ia suci lagi mengsucikan. ,artinya ia suci pada dirinya dan mengsucikan bagi lainnya.  Didalamnya termasuk macam-macam air berikut :

Air Hujan,salju  atau es dan air embun, berdasarkan firman Allah SWT :
Artinya : ‘’ Dan diturunkan-Nya hujan hujan dari langit untuk mengsucikanmu. ( Qs.al-Anfal :11 )

Dan firman-Nya : Artinya : Dan kami turunkan dari langit air yang suci lagi mengsucikan.’’ ( al-Furqon: 48 ). Juga berdasarkan dari hadits Abu Hurairah ra, dia berkata : Adalah Rosulullah SAW Bersabda : bila membaca takbir dalam solat membisu sejenak sebelum membaca al-Fatihah,maka saya tanyakan : demi kedua orang tuaku Wahai Rosululah ! Apakah yang rosulullah baca ketikan berdiam diantara takbir dan membaca al-fatihah? Rosulullahpun menjawab :  Saya membaca :
  اللهم نقني من خطاياي كما ينقى الثوب الابيض من الدنس ، اللهم اغسلني من خطاياي
 ‘’( HR. Jamaah kecuali tirmidzi ).بالثلج والماء والبرد

- ماء البحر ، لحديث أبي هريرة رضي الله عنه قال : سأل رجل رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال يا رسول الله ، إنا نركب البحر ، ونحمل معنا القليل من الماء فإن توضأنا به عطينا ، أفنتوضأ بماء البحر ؟ فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ( هو الطهور ) ماؤه ، الحل ميتته رواه الخمسة .  وقال الترمذي : هذا الحديث حسن صحيح ، وسألت محمد بن إسماعيل البخاري عن هذا الحديث فقال : حديث صحيح

2.Air Laut. Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a, ia berkata :  ‘’Seorang laki laki menayakan Rosulullah SAW: katanya ‘’ Ya Rosulullah kami biasa berlayar dan hanya membawa air sedikit, bila air tersebut kami gunakan untuk berwudhu,akibatnya kami akan kehausan, maka bolehkah kami berwudhu dengan air maritim ? Rosulullah berkata :
Yang artiya : ‘’ Laut itu airnya suci, dan bangkainya halal dimakan.( HR.imam lima).
Imam turmudzi berkata hadits ini hasan lagi shahih.

- ماء زمزم ، لما روي من حديث علي رضي الله عنه ( أن رسول الله صلى الله عليه وسلم دعا بسجل من ماء زمزم فشرب منه وتوضأ ) رواه أحمد

 الماء المتغير بطول المكث ، أو بسبب مقره ، أو بمخالطة ما لا ينفك عنه غالبا ، كالطحلب وورق الشجر ، فإن اسم الماء المطلق يتناوله باتفاق العلماء

والاصل في هذا الباب أن كل ما يصدق عليه اسم الماء مطلقا عن التقييد يصح التطهر به ، قال الله تعالى : ( فلم تجدوا ماء فتيمموا )

Air Zamzam,diriwayatkan oleh sahabat Ali r.a: Artinya : bahwa rosulullah SAW meminta seember penuh dan air zamzam ,lalu diminumkan sedikit dan dipakainya untuk berwudhu. ( HR.Ahmad )

Air yang berubah –diakibatkan lantaran tergenang atau tidak mengalir ,atau disebabkan tercampur dengan apa yang berdasarkan ghaibnya tidak terpisah menyerupai air menyerupai kiambang dan daun daun kayu. Maka berdasarkan janji ulama’ air tersebut masih termasuk air mutlaq,alasan mengenai air ini ialah bahwa setiap air yang sanggup air secara mutlaq tanpa  kait ,boleh digunakan untuk bersuci. Firman Allah yang artinya : Jika kau tidak memperoleh air, maka tayamumlah kamu. ( Al-Maidah : 6 )

القسم الثاني : الماء المستعمل

 وهو المنفصل من أعضاء المتوضئ والمغتسل ، وحكمه أنه طهور كالماء المطلق ، سواء بسواء ،

 اعتبارا بالاصل ، حيث كان طهورا ، ولم يوجد دليل يخرجه عن طهوريته ، والحديث لربيع بنت معوذ في وصف وضوء رسول الله صلى الله عليه وسلم قالت : ( ومسح رأسه بما بقي من وضوء في يديه ) رواه أحمد وأبو داود ، ولفظ أبي داود ( أن رسول الله صلى الله عليه وسلم مسح رأسه من فضل ماء كان بيده ) وعن أبي هريرة رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم لقيه في بعض طرق المدينة وهو جنب ، فانخنس منه فذهب فاغتسل ثم جاء فقال : ( أين كنت يا أبا هريرة ؟ ) فقال : كنت جنبا ، فكرهت أن أجالسك وأنا على غير طهارة ، فقال : سبحان الله إن المؤمن لا ينجس ) رواه الجماعة : ووجه دلالة الحديث ، أن المؤمن إذا كان لا ينجس ، فلا وجه لجعل الماء فاقدا للطهورية بمجرد مماسته له ، إذ غايته التقاء طاهر بطاهر وهو لا يؤثر . قال ابن المنذر : روي عن علي وابن عمر وأبي أمامة وعطاء والحسن ومكحول والنخعي : أنهم قالوا فيمن نسي مسح رأسه فوجد بللا في لحيته : يكفيه مسحه بذلك ، قال : وهذا يدل على أنهم يرون المستعمل مطهرا ، وبه أقول : وهذا المذهب إحدى الروايات عن مالك والشافعي ، ونسبه ابن حزم إلى سفيان الثوري وأبي ثور وجميع أهل الظاهر .
Bagian Kedua : Air Musta’mal ( air yang sudah terpakai )
Yaitu : air yang terpisah dari anggota anggota orang yang berwudhu atau mandi.
Hukumnya suci lagi yang mensucikan,sebgaimana pada air mutlaq tanpa beda sediktpun. Hal ini mengingat asalnya yang suci,sedang tiada dijumpai suatu alasan apapun yang mengeluarkan dari kesucian itu.
Juga lantaran Hadits Rubaiyi binti muawwidz sewaktu mengambarkan cara wudhu rosulullah  saw, katanya : dan disapunya kepalanya dengan sisa wudhu yang terdapat pada kedua tangannya’’.

Juga dari Abu Hurairah  r.a bahwa Nabi Muhammad SAW berjumpa dengan salah satu jalan dikota Madinah,sedangkan ia sedang keadaan junub, maka iapun menyelinap pergi dari rosulullah kemudian mandi,kemudian kembali. Ditanya oleh nabi SAW, kemana kau tadi , dia menjawabnya bahwa ia tiba datang dalam keadaan junub dan hendak menemaninya dalam keadaan tidak suci itu, maka Nabi Muhammad SAW bersabda :
Artinya : Maha Suci Allah, orang mukmin itu tak mungkin najis. (HR. Jamaah )

Jalan mengambil hadits sebagai alasan ialah lantaran disana dinyatakan bahwa orang mukmin itu tak mungkin najis,maka tak ada alasan menyatakan bahwa air itu kehilangan kesuciannya semata lantaran bersemtuhan,karena itu hanyalah bertemunya barang yang suci dengan yang suci pula,hingga tiada membawa efek apa-apa.

Berkata Ibnu Mundzir :diriwayatkan dari Hasan Ali Ibnu Umar , Abu Umamah’ Atha makhub dan nakhai bahwa mereka beropini perihal orang yang lupa menyapu kepalanya kemudian mendapat air dijanggutnya, cukup bila menyapu dengan air itu, ini memberikan bahwa air mustakmal itu mengsucikan. Dan demikian pula pendapatku.

Dan madzab ini ialah salah satu pendapat yang diriwayatkan dari Malik dan Syafiii dan berdasarkan Ibnu Hazmin juga merupakan pendapat Sufyan  As-Sauri, Abu Tsaur dan semua jago dzahir.

القسم الثالث : الماء الذي خالطه طاهر كالصابون والزعفران
 والدقيق وغيرها من الاشياء التي تنفك عنها غالبا .
 وحكمه أنه طهور مادام حافظا لاطلاقه ، فإن خرج عن إطلاقه بحيث صار لا يتناوله اسم الماء المطلق كان طاهرا في نفسه ، غير مطهر لغيره ، فعن أم عطة قالت : دخل علينا رسول الله صلى الله عليه وسلم حين توفيت ابنته ( زينب ) فقال : ( إغسلنها ثلاثا أو خمسا أو أكثر من ذلك - إن رأيتن - بماء وسدر واجعلن في الاخيرة كافورا أو شيئا من كافور ، فإذا فرغتن فآذنني فلما فرغن آذناه ، فأعطانا حقوه فقال : ( أشعر نها إياه ) تعني : إزاره ، رواه الجماعة . والميت لا يغسل إلا بما يصح به التطهير للحي ، وعند أحمد والنسائي وابن خزيمة من حديث أم هانئ : أن النبي صلى الله عليه وسلم اغتسل هو وميمونة من إناء واحد : قصعة فيها أثر العجين ، ففي الحديثين وجد الاختلاط ، إلا أنه لم يبلغ بحيث يسلب عنه إطلاق اسم الماء عليه .

Macam ketiga : air yang tercampur dengan barang yang suci
Misalnya dengan sabun,kiambang,tepung dan lain-lain yang biaanya terpisah dari air.

Hukumnya tetap mengsucikan selama kemutlaqannya masih terpelihara,jika sudah tidak, hingga air tersebut tidak sanggup dikatakan lagi air mutlaq,maka hukumnya ialah suci pada dirinya dan tidak mengsucikan bagi yang lainnya.

Diterima dari ummu Athiyah berkata :
Artinya : telah masuk kerangan kami Rosulullah saw,ketika putrinya wafat,zainab kemudian berkata : mandikanlah ia 3 kali atau 5 kali atau lebih banyak lagi bila kalian mau,dengan air dan daun bidara dan campurlah yang terakhir dengan kapur barus adau sedikit daripadanya,jika telah selesai beritahukan lah kepadaku. Maka setelah selesai, maka kami memberikan kepada nabi, diberikanlah kepada kami kainnya serta berkata : ‘’balutlah pada rmbutnya ,maksudnya kain itu. ( HR.Jamaah)

Sedangkan jenazah dilarang dimandikan kecuali dengan air yang sah untuk mengsucikan orang yang hidup.

Dan berdasarkan riwayat Ahmad,Nasai dan Ibnu Khuzaimah dari Hadits Ummu Hani’ bahwa Nabi Muhammad SAW mandi bersamaan Maimunah dari sebuah bejana,yaitu sebuah pasu yang didalamnya ada sisa tepung.

Jadi didalam hadits terdapat percampuran, hanya tidak hingga demikian rupa yang menyebabkan tak sanggup disebut lagi air mutlaq.


القسم الرابع : الماء الذي لاقته النجاسة

 وله حالتان : ( الاولى ) أن تغير النجاسة طعمه أو لونه أو ريحه وهو في هذه الحالة لا يجوز التطهر به إجماعا ، نقل ذلك ابن المنذر وابن الملقن .
( الثانية ) أن يبقي الماء على إطلاقه ، بأن لا يتغير أحد أوصافه الثلاثة . وحكمه أنه طاهر مطهر . قل أو كثر ، دليل ذلك حديث أبي هريرة رضي الله عنه قال : قام أعرابي فبال في المسجد ، فقام إليه الناس ليقعوا به . فقال النبي صلى الله عليه وسلم : ( دعوه وأريقوا على بوله سجلا من ماء ،أو ذنوبا ( 1 ) من ماء ، فإنما بعثتم ميسرين ولم تبعثوا معسرين ) رواه الجماعة إلا مسلما وحديث أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال : قيل يا رسول الله أنتوضأ من بئر بضاعة ؟ ( 2 ) فقال صلى الله عليه وسلم : ( الماء طهور لا ينجسه شئ ) رواه أحمد والشافعي وأبو داود والنسائي والترمذي وحسنه ، وقال أحمد : حديث بئر بضاعة صحيح وصححه يحيى بن معين وأبو محمد بن حزم .

 وإلى هذا ذهب ابن عباس وأبو هريرة والحسن البصري ، وابن المسيب وعكرمة وابن أبي ليلى والثوري وداود الظاهري والنخعي ومالك وغيرهم ، وقال الغزالي : وددت لو أن مذهب الشافعي في المياه كان كمذهب مالك .

 وأما حديث عبد الله بن عمر رضي الله عنهما : أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : ( إذا كان الماء قلتين لم يحمل الخبث ) رواه الخمسة ، فهو مضطرب سندا ، ومتنا . قال ابن عبد البر في التمهيد : ما ذهب إليه الشافعي من حديث القلتين ، مذهب ضعيف من جهة النظر ، غير ثابت من جهة الاثر .

Macam yang ke empat  : Air yang bernajis
Ada 2 macam keadaan :
Pertama : bila najis tersebut berbah salah salah satu diantara rasa, atau baunya.
Dalam keadaan ini ulama’ setuju bahwa air itu tidak sanggup digunakan digunakan untuk sesuci sebagaimana disampaikan oleh Ibnu Mudzir dan Ibnu Mulqin.

Kedua: bila air dalam keadaan mutlaq, dengan artian salah satu diantara diantara sifatnya dan tiga tadi tidak berubah. Hukumnya ialah suci dan mengsucikan walaupun sedikit maupun banyak.
Alasanya ialah Hadits Abu Hurairah r.a berkata :
Artinya :seorang badui berdiri kemudian kecing dimasjid, orang orang pun sama berdiri untuk menagkapnya . Maka Nabi SAW bersabda : ‘’Biarlah dia, hanya tuangkanlah pada kencingnya setimba atau seember air!. Kamu dibangkitkan ialah untuk memberi ketenangan/kemudahan, bukan untuk menyukarkan.( HR. Jamaah kecuali Muslim ).

                                  Juga hadits Abu Said al-Kudhuri r.a berkata :
Artinya : dikatakan orang : Ya Rosulullah ,bolehkan kita berwudhu dari telaga budhaah? Maka bersabdalah nabi :Air itu suci lagi mengsucikan. Tak satupun yang akan menajisinya. ( HR. Ahmad, Syafii, Abu Dawud Nasai dan Turmudzi )
 Imam Turmudzi menyampaikan hadits ini hasan ,sedangkan Ahmad berkata:Hadits telaga budaah ialah shahih’’. Hadits ini disahkan pula oleh Yahya bin Ma’in dan Abu Muhammad bin Hazmin.
Ini ialah pendapat Ibnu Abbas ,Abu Hurairah,  Hasan Basri,  Ibnul Musaiyab, Ikramah ibnu Abi Laila Tsauri Daud Azahiri,Nakhai, Malik dan lain-lain. Imam Ghazali berkata :’’ saya kiranya madzab Syafiimengenai air akan sama dengan madza Malik.

Adapun hadits Abdullah bin Umar r.a bahwa bahwa Nabi SAW bersabda : ‘’jika air hingga 2 kullah,maka iar tersebut tidaklah mengandung najis hadits diriwahayatkan imam lima, maka ia ialah mudthorib artinya tidak keruan, baik sanad maupun matannya.
Berkata ibnu abdil Barr, didalam al-Tahmid ‘’pendirian syafii mengenai hadits 2 kullah  dalah madzab  yang lemah dan dari segi penyelidikan ,dan tidak berdasarkan pada segi alasan. 

تطهير البدن والثوب
الثوب والبدن إذا أصابتهما نجاسة يجب غسلهما بالماء حتى تزول عنهما إن كانت مرئية كالدم ، فإن بقي بعد الغسل أثر يشق زواله فهو معفو عنه ، فإن لم تكن مرئية كالبول فإنه يكتفى بغسله ولو مرة واحدة ، فعن أسماء بنت أبي بكر رضي الله عنها قالت : جاءت امرأة إلى النبي صلى الله عليه وسلم فقالت : ( إحدانا يصيب ثوبها من دم الحيض كيف تصنع به ؟ فقال : ( تحته ) ثم تقرضه بالماء ، ثم تنضحه ( 1 ) ثم تصلي فيه ) متفق عليه ، وإذا أصابت النجاسة ذيل ثوب المرأة تطهره الارض ، لما روي ، أن امرأة قالت لام سلمة رضي الله عنهما : ( إني أطيل ذيلي وأمشي في المكان القذر ؟ فقالت لها : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ( يطهره ما بعده ) رواه أحمد وأبو داود .

Mengsucikan Badan dan Pakaian

Bila pakaian dan tubuh terkena najis, hendaklah segera dicuci dengan air hingga hilang bila asalnya ia sanggup dilihat,seperti darah. Bila setelah dicuci ia masih ada bekas yang sukar menghilangkannya ,maka dimaafkan.
Dan bila najis tersebut tidak kelihatan menyerupai kencing, cukuplah mencucinya walau agak sekali. Dari Asma’ binti Abu Bakar r.a berkata :
Artinya : salah seorang diantara kami kainnya terkena darah haid, apa yang seharusnya diperbuatnya?demikian Tanya salah seorang  perempuan yang tiba menanyakannya kepada Nabi. Ujar nabi :hendaklah dikoreknya kemudian digosok-gosokkannya dengan air,lalu dicuci dan setelah itu dapatlah dipakainya untuk sholat. ( disepakati oleh ahli-ahli hadits).

Dan bila najis tersebut mengenai ujung bawah kain wanita, ia akan mengsucikan oleh tanah. Berdasarkan apa yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Abu Daud, bahwa seorang perempuan menanyakan kepada ummu salamah r.a , saya melepas ujing kainku  terjera kebawah, padahal saya berjala ditempat yang kotor. ‘’ Ummu salamah berkata bahwa rosulullah SAW bersabda : ujung kain tersebut akan disucikan oleh barang yang mengenainya setelah itu. ( HR. Ahmad dan Abu Daud ).









TUGAS MANDIRI
النجاسة
 النجاسة النجاسة هي القذارة التي يجب على المسلم أن ينتزه عنها ويغسل ما أصابه منها . قال الله تعالى : ( وثيابك فطهر ) وقال تعالى : ( إن الله يحب التوابين ويحب المتطهرين ) وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ( الطهور شطر الايمان ) . ولها مباحث نذكرها فيما يلي

: أنواع النجاسات
 الميتة : وهي ما مات حتف أنفه : أي من غير تذكية ( 2 ) ، ويلحق بها ما قطع من الحي ، لحديث أبي واقد الليثي . قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ( ما قط من البهيمة وهي حية فهو ميتة ) رواه أبو داود والترمذي وحسنه ، قال : والعمل على هذا عند أهل العلم .

ويستثنى من ذلك :
1  ميتة السمك والجراد ، فإنها طاهرة ، لحديث ابن عمر رضي الله عنهما قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : أحل لنا ميتتان ودمان : أما الميتتان فالحوت ( 3 ) والجراد ، وأما الدمان فالكبد والطحال ) رواه أحمد والشافعي وابن ماجة والبيهقي والدار قطني ، والحديث ضعيف ، لكن الامام أحمد صحح وقفه ، كما قاله أبو زرعة وأبو حاتم ، ومثل هذا له حكم الرفع ، لان قول الصحابي : أحل لنا كذا وحرم علينا كذا . مثل قوله : أمرنا ونهينا ، وقد تقدم قول الرسول صلى الله عليه وسلم في البحر : ( هو الطهور ماؤه الحل ميتته )

)ب (- ميتة ما لا دم له سائل كالنمل والنحل ونحوها ، فإنها طاهرة إذا وقعت في شئ وماتت فيه لا تنجسه .
: قال ابن المنذر : لا أعلم خلافا في طهارة ما ذكر إلا ما روي عن الشافعي والمشهور من مذهبه أنه نجس ، ويعفى عنه إذا وقع في المائع ما لم يغيره .

)ح‍ (- عظم الميتة وقرنها وظفرها وشعرها وريشها وجلدها ، وكل ما هو من جنس ذلك طاهر ، لان الاصل في هذه كلها الطهارة ، ولا دليل على النجاسة . قال الزهري : في عظام الموتى نحو الفيل وغيره : أدركت ناسا من سلف العلماء يمتشطون بها ويدهنون فيها ، لا يرون به بأسا ، رواه البخاري ، وعن ابن عباس رضي الله عنهما قال : تصدق على مولاة لميمونة بشاة فماتت ، فمر بها رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال : ( وهلا أخذتم إهابها فدبغتموه فانتفعم به ؟ . فقالوا : إنها ميتة ، فقال : ( إنما حرم أكلها ) رواه الجماعة إلا أن ابن ماجة قال فيه : عن ميمونة ، وليس في البخاري ولا النسائي ذكر الدباغ ، وعن ابن عباس رضي الله عنهما أنه قرأ هذه الاية : ( قل لا أجد فيما أوحي إلي محرما على طاعم يطعمه إلا أن يكون ميتة ( 1 )  إلى آخر الاية ، وقال : إنما حرم ما يؤكل منها وهو اللحم ، فأما الجلد والقد ( 2 ) والسن والعظم والشعر والصوف فهو حلال ) ، رواه ابن المنذر وابن حاتم . وكذلك أنفحة الميتة ولبنها طاهر ، لان الصحابة لما فتحوا بلاد العراق أكلوا من جبن المجوس ، وهو يعمل بالانفحة ، مع أن ذبائحهم تعتبر كالميتة ، وقد ثبت عن سلمان الفارسي رضي الله عنه أنه سئل عن شئ من الجبن والسمن والفراء ، فقال : الحلال ما أحله الله في كتابه ، والحرام ما حرم الله في كتابه ، وما سكت عنه فهو مما عفا عنه . ومن المعلوم أن السؤال كان عن جبن المجوس ، حينما كان سلمان ائب عمر بن الخطاب على المدائن .

0 Response to "Fiqhu Sunnah, Menulis Dan Menerjemahkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel