Makalah Pendekatan Studi Islam

 BAB I
PENDAHULUAN

            Agama bukan hanya sekedar lambang kesalehan umat atau topik dalam kitab suci umat beragama, namun secara konsepsional kehadiran agama semakin dituntut aktif untuk memperlihatkan cara-cara paling efektif dalam memecahkan banyak sekali masalah yang dihadapi umat manusia.
            Tuntutan yang demikian itu akan gampang dijawab oleh kita sebagai kalangan intelektual muslim dan siapa saja tatkala kita sebagai muslim memahami “agama kita sendiri”.bukan hanya sekedar pemahaman dengan pendekatan normatif namun juga harus dilengkapi dengan pendekatan lain, yang secara operasional konseptual sanggup memperlihatkan jawaban atas permasalahan-permasalahan umat.
       Adapun yang dimaksud dengan pendekatan disini ialah cara pandang atau paradigma yang terdapat dalam suatu bidang ilmu pengetahuan yang selanjutnya dipakai dalam memahami agama.
            Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka dirasa penting untuk mengetahui banyak sekali pendekatan yang sanggup dipakai dalam memahami agama sekaligus menjawab permasalahan-permasalahan umat insan . Sehingga agama akan terasa lebih bermakna dan hadir kokoh dalam masyarakat tatkala kita paham akan agama kita. Sebaliknya tanpa mengetahui banyak sekali pendekatan tersebut, agama akan menjadi sulit untuk difahami oleh masyarakat, tidak fungsional dan balasannya masyarakat mencari pemecahan masalah kepada selain agama (Naudzubillahi Min Dzalik)



BAB II
PEMBAHASAN


A         PENDEKATAN NORMATIF

Normatif ialah peraturan yang mengatur wacana baik buruknya perbuatan menurut norma yang berlaku. Norma adalah hukum yang berlaku di kehidupan bermasyarakat yang bertujuan untuk mencapai kehidupan masyarakat yang aman, tertib dan sentosa. Menurut Lubis (2011) Pendekatan normatif adalah sebuah pendekatan yang lebih menekankan aspek norma-norma dalam pedoman Islam sebagaimana terdapat dalam Alqur’an dan Sunnah.

            Pendekatan normatif diklasifikasikan menjadi tiga:
1.Missionaris tradisional
Yaitu pendekatan yang bertujuan merubah suatu masyarakat semoga masuk agama tertentu diserta penyakinan akan pentingnya peradaban missionaris.
2.Apologetik
            Pendekatan yang bertujuan untuk menguatkan keimanan suatu kaum yang terlindas arus modernitas semoga berdiri dan percaya diri dengan identitas keislamannya.
3.Irenic
            Pendekatan yang dilakukan untuk menyatukan non muslim yang berorientasi negatif wacana orang muslim, dengan Muslim yang berorientasi menyimpang. Supaya tercapai perdamaian bangsa dan hilangnya prasangka, perlawanan dan saling menghina.
Kajian islam normative melahirkan tradisi teks : tafsir, teologi, fiqh, tasawuf,filsafat.

Jida anda sangat membutuhkan Makalah Pendekatan Studi Islam ini selengkapnya..., silahkan download disini...!!!!

0 Response to "Makalah Pendekatan Studi Islam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel