Makalah Pro Kontra Dan Pandangan Wacana Kurikulum 2013 + Refernsi Lengkap

PRO KONTRA DAN PANDANGAN TENTANG KURIKULUM 2013
Makalah
Disusun guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah : ………….
Dosen Pengampu : ………….

PRO KONTRA DAN PANDANGAN TENTANG KURIKULUM  Makalah PRO KONTRA DAN PANDANGAN TENTANG KURIKULUM 2013 + Refernsi Lengkap


                                               










Disusun Oleh ;
1. ....................................................
2.......................................................
 


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) KUDUS
JURUSAN TARBIYAH/PAI
TAHUN 201XXX



PRO KONTRA DAN PANDANGAN TENTANG KURIKULUM  Makalah PRO KONTRA DAN PANDANGAN TENTANG KURIKULUM 2013 + Refernsi Lengkap




I . PENDAHULUAN

Kurikulum di Indonesia sudah mengalami perkembangan semenjak periode sebelum tahun 1945 hingga kurikulum tahun 2006 yang berlaku hingga tamat tahun 2012 lalu. Pergantian Kurikulum tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran serta rancangan pembelajaran yang ada di sekolah. Menurut beberapa pakar, perubahan kurikulum dari masa ke masa, baik di Indonesia maupun di negara lain, disebabkan lantaran kebutuhan masyarakat yang setiap tahunnya selalu berkembang dan tuntutan zaman yang cenderung berubah. Perkembangan kurikulum dianggap sebagai penentu masa depan anak bangsa. Oleh lantaran itu, kurikulum yang baik akan sangat diharapkan sanggup dilaksanakan di Indonesia sehingga akan menghasilkan masa depan anak bangsa yang cerah yang berimplikasi pada kemajuan bangsa dan negara.

Setiap kurikulum yang telah berlaku di Indonesia dari periode sebelum tahun 1945 hingga kurikulum tahun 2006, mempunyai beberapa perbedaan sistem. Perbedaan sistem yang terjadi bisa merupakan kelebihan maupun kekurangan dari kurikulum itu sendiri. Kekurangan dan kelebihan tersebut sanggup berasal dari landasan, komponen, evaluasi, prinsip, metode, maupun model pengembangan kurikulum.

Kurikulum 2013 mulai dilaksanakan pada tahun pedoman 2013-2014 pada sekolah yang ditunjuk Pemerintah, maupun sekolah yang siap melaksanakannya. Artinya hingga Bulan September 2013 ini, sudah 3 bulan kurikulum gres dilaksanakan.

II . RUMUSAN MASALAH

1.      Apa mengakibatkan terjadinya pro dan kontra kurikulum 2013

2.      Apa  sajakah keunggulan  dan kelemahan dari kurikulum 2013

III . PEMBAHASAN

1.Penyebabkan terjadinya pro dan kontra kurikulum 2013

Dunia pendidikan di Indonesia memang tidak pernah lepas dari dinamika perubahan,salah satunya yaitu perubahan kurikulum. Baru – gres ini Kementrian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) mengeluarkan kebijakan gres penerapan Kurikulum 2013 untuk satuan pendidikan SD, SMP, dan SMA. Kurikulum ini nantinya akan menggantikan kurikulum yang sudah diberlakukan ketika ini yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)[1]

Kurikulum 2013, yang rencananya diterapkan mulai tahun pedoman 2013/2014, masih mengakibatkan pro dan kontra di kalangan praktisi pendidikan. Pihak yang mendukung kurikulum gres menyatakan, Kurikulum 2013 memadatkan pelajaran sehingga tidak membebani siswa, lebih fokus pada tantangan masa depan bangsa, dan tidak memberatkan guru dalam penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Pihak yang kontra menyatakan, Kurikulum 2013 justru kurang fokus lantaran menggabungkan mata pelajaran IPA dengan Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Ini terlalu ideal lantaran tidak mempertimbangkan kemampuan guru serta tidak dilakukan uji coba dulu di sejumlah sekolah sebelum diterapkan.[2]

Pendapat senada juga disampaikan oleh Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Sulistyo. Menurutnya kebijakan pemerintah untuk mengimplementasikan kurikulum berbasis observasi integratif itu dinilai mengabaikan kesiapan guru. Belum banyak guru yang tahu bagaimana konsep Kurikulum 2013. Pemerintah tidak mempertimbangkan kondisi heterogen guru terutama guru di pedalaman, mereka tidak gampang untuk menyesuaikan diri dengan hal – hal yang gres apalagi dalam waktu yang singkat ( Kedaulatan Rakyat, 25-01-2013, h.10).[3]

Kurikulum 2013, yaitu ada pada upaya penyederhanaan, dan tematik-integratif. Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap di dalam menghadapi masa depan. Karena itu kurikulum disusun untuk mengantisipasi perkembangan masa depan. Titik beratnya, bertujuan untuk mendorong penerima didik atau siswa, bisa lebih baik dalam melaksanakan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui sesudah mendapatkan materi pembelajaran. Adapun obyek yang menjadi pembelajaran dalam penataan dan penyempurnaan kurikulum 2013 menekankan pada fenomena alam, sosial, seni, dan budaya. Melalui pendekatan itu diharapkan siswa kita mempunyai kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif, sehingga nantinya mereka bisa sukses dalam menghadapi aneka macam duduk kasus dan tantangan di zamannya, memasuki masa depan yang lebih baik.

Sebenarnya konsep mengenai kurikulum gres ini sudah pernah muncul dalam kurikulum 1975. Konsep proses pembelajaran yang mendorong biar siswa aktif dalam kegiatan berguru mengajar ini gotong royong sudah diterapkan pada puluhan tahun silam dengan nama Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA). Alasan yang dikemukakan oleh pihak Kemdiknas mengenai kebijakan perubahan Kurikulum 2013 juga tidak mempunyai landasan kuat, bahkan terkesan hanya sekedar opini atau sudah menjadi planning kerja. Tidak ada hasil riset perihal efek dari KTSP yang membuatnya harus diganti, tentu menjadi pertanyaan bagi publik mengenai perubahan kurikulum ini.

Belajar dari pengalaman perubahan – perubahan kurikulum yang rutin dilakukan oleh Kemdiknas dalam jangka waktu 4 tahunan, pemerintah harusnya jangan sekedar mengkaji isi substansi dari sebuah kurikulum, namun kajian operasional penerapan sebuah kurikulum gres di sekolah – sekolah juga patut diperhatikan. Ada tiga hal yang mengakibatkan gagalnya perubahan kurikulum sebelumnya, yaitu kesiapan guru, kesiapan sekolah, dan kesiapan dokumen. Kesiapan guru merupakan faktor utama gagalnya kurikulum terdahulu. Ada baiknya pemerintah melaksanakan riset terlebih dahulu mengenai kesiapan guru – guru dan sekolah sebelum menerapkan kebijakan kurikulum gres biar apa yang telah direncanakan sebelumnya tidak menjadi hal yang sia – sia.[4]

2.1. KEUNGGULAN KURIKULUM 2013
Dari munculnya pro dan kontra yang terjadi didunia pendidikan, ada juga keunggulan dari kurikulum 2013 yaitu ;

1.  Siswa dituntut untuk aktif, kreatif dan inovatif dalam pemecahan masalah.
2.  Penilaian didapat dari semua aspek. Pengambilan nilai siswa bukan hanya di sanggup dari nilai ujian                 saja tetapi juga di sanggup dari nilai kesopanan, religi, praktek, perilaku dan lain lain.
3.  Ada pengembangan aksara dan pendidikan budi pekerti yang telah diintegrasikan ke dalam semua aktivitas studi.[5]

4.  Kurikulum berbasis kompetensi sesuai dengan tuntutan fungsi dan tujuan pendidikan nasional.
5.  Kompetensi menggambarkan secara holistik domain sikap, keterampilan, dan pengetahuan.
6.  Beberapa kompetensi yang dibutuhkan sesuai dengan perkembangan kebutuhan (misalnya pendidikan karakter, metodologi pembelajaran aktif, keseimbangan soft skills dan hard skills, kewirausahaan).

7.  Kurikulum 2013 tanggap terhadap perubahan sosial yang terjadi pada tingkat lokal, nasional, maupun global. . Untuk tingkat SD, penerapan perilaku masih dalam ruang lingkup lingkungan sekitar, sedangkan untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama penerapan perilaku dituntut untuk diterapkan pada lingkungan pergaulannya dimanapun ia berada. Sementara itu, untuk tingkat SMA/SMK, dituntut mempunyai perilaku kepribadian yang mencerminkan kepribadian bangsa dalam pergaulan dunia.

8.  Standar penilaian mengarahkan pada penilaian berbasis kompetensi (sikap, keterampilan, dan pengetahuan secara proporsional)

9.  Menuntut adanya remediasi secara berkala.

10.  Tidak memerlukan dokumen kurikulum yang lebih rinci lantaran Pemerintah menyiapkan semua komponen kurikulum hingga buku teks dan pedoman pembahasan sudah tersedia

11.  Sifat pembelajaran kontekstual.

12.  Meningkatkan motivasi mengajar dengan meningkatkan kompetensi profesi, pedagogi, sosial, dan personal.

13.  Buku, dan kelengkapan dokumen disiapkan lengkap sehingga memicu dan memacu guru untuk membaca dan menerapkan budaya literasi, dan menciptakan guru mempunyai keterampilan menciptakan RPP, dan menerapkan pendekatan scientific secara benar.[6]

2.2 KELEMAHAN KURIKULUM 2013

Disamping ada kelebihannya, kurikulum 2013 juga ada kelemahannya, yaitu ;

a.  Banyak guru yang beranggapan bahwa dengan kurikulum terbaru ini guru tidak perlu menjelaskan materinya. Padahal kita tahu bahwa berguru matematika, fisika,dll tidak cukup hanya membaca saja. Peran guru sebagai fasilitator tetap dibutuhkan, terlebih dalam hal memotivasi siswa untuk aktif belajar.[7]

b.  Sebagian besar guru belum siap. Jangankan menciptakan kreatif siswa, terkadang gurunya pun kurang kreatif. Untuk itu diharapkan pelatihan-pelatihan dan pendidikan biar merubah paradigma guru sebagai pemberi materi menjadi guru yang sanggup memotivasi siswa biar kreatif. Selain itu guru harus dipacu kemampuannya untuk meningkatkan kecakapan profesionalisme secara terus menerus. 
Sebagai teladan di Singapura, dalam setahun guru berhak mendapatkan training selama 100 jam.

c.  Konsep pendekatan scientific masih belum dipahami, apalagi perihal metoda pembelajaran yang kurang aplikatif disampaikan.

d.  Ketrampilan merancang RPP dan penilaian autentik belum sepenuhnya dikuasai oleh guru.

e.  Tugas menganilisis SKL, KI, KD, Buku Siswa dan Buku guru belum sepenuhnya dikerjakan oleh guru, masih banyak yang copy paste dan kurangnya waktu untuk membaca dokumen secara mendalam.

f.  Guru juga tidak pernah dilibatkan pribadi dalam proses pengembangan kurikulum 2013. Pemerintah melihat seperti guru dan siswa mempunyai kapasitas yang sama.

g. Tidak ada keseimbangan antara orientasi proses pembelajaran dan hasil dalam kurikulum 2013. Keseimbangan sulit dicapai lantaran kebijakan ujian nasional (UN) masih diberlakukan. UN hanya mendorong orientasi pendidikan pada hasil dan sama sekali tidak memperhatikan proses pembelajaran. Hal ini berdampak pada dikesampingkannya mata pelajaran yang tidak diujikan dalam UN. Padahal, mata pelajaran non-UN juga menunjukkan bantuan besar untuk mewujudkan tujuan pendidikan.

h. Kurikulum 2013 ditetapkan tanpa ada penilaian dari pelaksanaan kurikulum sebelumnya yaitu KTSP.

i. Pengintegrasian mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk jenjang pendidikan dasar tidak sempurna lantaran rumpun ilmu mata pelajaran-mata pelajaran itu berbeda.

j.  Dalam mata pelajaran matematika Sekolah Menengan Atas kelas X terdapat matematika wajib, matematika peminatan yang harus diikuti siswa peminatan IPA. Matematika wajib dan peminatan mempunyai silabus yang berbeda. Terutama dalam matematika peminatan diharapkan beberapa materi prasyarat yang belum dibahas di kelas sebelumnya. Contoh : Dalam materi persamaan eksponen diharapkan beberapa rumus turunan dari persamaan kuadrat yang belum dibahas di kelas sebelumnya.

k.  Penyusunan materi didik belum runtut sesuai tahap berpikir siswa, guru harus memilah dan memilih materi esensial mengingat materi yang harus dikuasai siswa cukup banyak.

l.  Pada buku paket matematika terdapat aneka macam soal tingkat tinggi ibarat soal olimpiade. Mengingat banyaknya materi yang harus dikuasai siswa maka tidak semua soal sanggup diselesaikan. Soal-soal tersebut lebih cocok diberikan pada siswa yang berminat mengikuti pendalaman matematika.

m.  Seperti kurikulum sebelumnya, belum ada sinkronisasi antara matematika sebagai alat bantu untuk menunjang pelajaran lainnya. Misalnya sinkronisasi antara matematika dengan fisika, ada banyak materi fisika yang memerlukan hitungan matematika ibarat vektor, diferensial, integral dan trigonometri tetapi belum dibahas dalam matematika.

n.  Konten kurikulum masih terlalu padat yang ditunjukkan dengan banyaknya mata pelajaran dan banyak materi yang keluasan dan kesukarannya melampaui tingkat kemampuan siswa

o. Standar proses pembelajaran menggambarkan urutan pembelajaran yang kurang rinci sehingga membuka peluang penafsiran yang beraneka ragam dan berujung pada pembelajaran yang berpusat pada guru.

p. Materi terlalu luas, kurang mendalam.

q. Beban berguru terlalu berat, sehingga waktu berguru di sekolah terlalu lama.

Demikian sekilas pendapat pribadi penulis perihal kurikulum 2013. Bila terdapat kekeliruan dalam penafsirannya,penulis mohon maaf lantaran pengetahuan penulis perihal Kurikulum 2013 belum menyeluruh. Penulis pun belum pernah mengikuti penataran dan training Kurikulum 2013, gres mempelajari secara otodidak.[8]

IV . KESIMPULAN       

-          Kurikulum 2013, yaitu ada pada upaya penyederhanaan, dan tematik-integratif. Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap di dalam menghadapi masa depan. Karena itu kurikulum disusun untuk mengantisipasi perkembangan masa depan. Titik beratnya, bertujuan untuk mendorong penerima didik atau siswa, bisa lebih baik dalam melaksanakan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui sesudah mendapatkan materi pembelajaran.

-          . Ada tiga hal yang mengakibatkan gagalnya perubahan kurikulum sebelumnya, yaitu kesiapan guru, kesiapan sekolah, dan kesiapan dokumen. Kesiapan guru merupakan faktor utama gagalnya kurikulum terdahulu.

-          keunggulan dari kurikulum 2013 ;
1- Siswa dituntut untuk aktif, kreatif dan inovatif dalam pemecahan masalah
2.  Penilaian didapat dari semua aspek.
3-  Ada pengembangan aksara dan pendidikan budi pekerti yang telah diintegrasikan ke dalam semua aktivitas studi.
4- Kurikulum berbasis kompetensi sesuai dengan tuntutan fungsi dan tujuan pendidikan nasional.

-          Kelemahan dari kurikulum 2013;
1.       Banyak guru yang beranggapan bahwa dengan kurikulum terbaru ini guru tidak perlu menjelaskan materinya.
2.      Sebagian besar guru belum siap. Jangankan menciptakan kreatif siswa, terkadang gurunya pun kurang kreatif.
3.      Konsep pendekatan scientifik masih belum dipahami, apalagi perihal metoda pembelajaran yang kurang aplikatif disampaikan.

DAFTAR PUSTAKA

-          http://www.batararayamedia.com/kalender+pendidikan+tahun+pelajaran+2012/pro-kontra-kebijakan-kurikulum-2013-_art-191.html.
-          http://edukasi.kompas.com/, 2013.
-          Kusumah, Wijaya. Kelebihan dan Kekurangan Diklat Implementasi Kurikulum. (Jakarta,Pustaka Litera Antar Nusa;2013 ) 


[1] http://www.batararayamedia.com/kalender+pendidikan+tahun+pelajaran+2012/pro-kontra-kebijakan-kurikulum-2013-_art-191.html

[2] Ibid : hlm 192
[3] Ibid : hlm 193
[4] http://edukasi.kompas.com/, 2013.
[5] Kusumah, Wijaya. Kelebihan dan Kekurangan Diklat Implementasi Kurikulum. (Jakarta,Pustaka Litera Antar Nusa;2013 ) hlm ;25

[6] Ibid.hlm; 26
[7] Ibid.hlm; 27
[8] Ibid.hlm; 28-29

0 Response to "Makalah Pro Kontra Dan Pandangan Wacana Kurikulum 2013 + Refernsi Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel