Rpp Dan Silabus Mapel Bahasa Indonesia Smp Kelas 7,8,9 Ktsp Semester 1 Dan 2

RPP dan SILABUS Mapel  Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7,8,9 KTSP Semester 1 dan 2 | Selamat tiba diblog kami, sebelumnya saya ucapkan selamat tiba diblog pendidikan makalah-pedia, blog sederhana yang memuat banyak sekali isu seputar pendidikan yang ada diindonesia. Pada kesempatan kali ini kami akan menyebarkan RPP dan SILABUS Mapel  Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7,8,9 KTSP Semester 1 dan 2. Silahkan didownload

Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan penerima didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara mulut maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan insan Indonesia.

Download Juga :

Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal penerima didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan perilaku positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi penerima didik untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global.

Pengertian Silabus - Menurut Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP, 2006) Silabus merupakan pembagian terstruktur mengenai standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, aktivitas pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.

Silabus merupakan planning pembelajaran pada suatu dan atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang meliputi standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, aktivitas pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.

Pengertian RPP - RPP atau kepanjangan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan planning yang menggambarkan mekanisme dan administrasi pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus (Mulyasa, 2006: 184).

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  atau yang sering disingkat RPP merupakan planning yang menggambarkan mekanisme dan pengorganisasian  pembelajaran  untuk  mencapai  satu  kompetensi  dasar  yang  ditetapkan  dalam  Standar  Isi  dan  dijabarkan  dalam  silabus.  Maka  ringkasnya  RPP  adalah  rencana operasional aktivitas pembelajaran setiap atau beberapa KD dalam setiap tatap muka di kelas. Lingkup RPP paling  luas meliputi 1 (satu) Komptensi Dasar  yang  terdiri  atas  1  (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.

RPP  harus  berupa  kegiatan  konkret  setapak  demi  setapak  yang  dilakukan  oleh  guru  di  kelas  dalam mendampingi  peserta  didik.  Satu  hal  yang  amat  penting  dalam  penyusunan  RPP yaitu  bahwa  kegiatan  pembelajaran  harus  diarahkan  agar  berfokus  pada  peserta  didik, sedangkan  guru  berperan  sebagai  pendamping,  fasilitator.  Artinya,  ketika  guru  memilih pendekatan,  metode,  materi,  pengalaman  belajar,  interaksi  belajar  mengajar  harus memungkinkan  peserta  didik  berinteraksi  dan  aktif,  sedang  guru  memfasilitasi  dan mendampinginya.

RPP dan SILABUS Mapel  Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7,8,9 KTSP Semester 1 dan 2

 sebelumnya saya ucapkan selamat tiba diblog pendidikan makalah RPP dan SILABUS Mapel  Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7,8,9 KTSP Semester 1 dan 2


Download RPP dan SILABUS Mapel  Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7,8,9 KTSP Semester 1 dan 2


Sekian isu yang sanggup kami berikan perihal ''RPP dan SILABUS Mapel  Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7,8,9 KTSP Semester 1 dan 2''. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi pola dan contoh pembuatannya. Jika kurang lengkap silahkan baca artikel lainnya.


Download juga : 

RPP dan SILABUS SMA



0 Response to "Rpp Dan Silabus Mapel Bahasa Indonesia Smp Kelas 7,8,9 Ktsp Semester 1 Dan 2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel