Pembelajaran Membaca Permulaan Di Kelas I Sekolah Dasar
Pada dikala siswa gres masuk sekolah dasar kelas 1 , tentunya siswa merasa gila dengan lingkungan barunya yang semula berada dalam lingkungan keluarga , untuk itu guru kelas 1 semestinya jangan jangan dulu memperlihatkan materi pelajaran , namun langkah pertama mengenalkan terlebih dahulu wacana lingkungan barunya pada ahad pertama masuk sekolah dasar , sehingga anak sanggup menyesuaikan diri terhadap lingkungan barunya . Pada acara ini selain sanggup dimanfaatkan untuk mengenalkan lingkungan gres kepada siswa kelas 1 , juga sanggup dipakai untuk pembelajaran membaca permulaan tanpa buku.
PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DI KELAS I SEKOLAH DASAR |
- Membaca Permulaan Tanpa Buku
- Membaca Permulaan Dengan Buku
A. Membaca Permulaan Tanpa Buku
Pembelajaran membaca permulaan tanpa buku dilaksanakan dikelas I ketika siswa gres masuk SD , Proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan alat pengajaran bukan buku , Media yang di gunakan dalam membaca permulaan tanpa buku berupa lingkungan sekolah , Gambar-gambar, Kartu Huruf , Kartu kata , Kartu Kalimat, Papan Tulis , Jika perlu sediakan pula alat perekam . Pembelajaran membaca permulaan tanpa buku sanggup dilakukan sebagai berikut :
1. Merekam Bahasa Anak
2. Menampilkan Gambar Sambil Bercerita
3. Membaca Gambar
4. Membaca Gambar dengan Kartu Kata / kalimat
5. Membaca Kata Hasil Merangkaikan Kartu Huruf
6. Membaca Kalimat Hasil Merangkaiakn Kartu Hasil Kata
B. Memabac Permulaan Dengan Buku
Dalam pembelajaran membaca permulaan dengan buku , siswa akan mulai membaca goresan pena yang bahannya diambil dari materi yang telah dipelajari pada waktu mereka mempelajari huruf, Kata dan Kalimat pada membaca permulaan tanpa Buku , Buku yang dipakai yaitu buku paket dan buku komplemen pembelajaran berlangsung dengan acara sebagai berikut :
- Pada tahap awal gunakan pembelajaran membaca permulaan sebaiknya menggunakan metode Struktural Analitik Sin-Tatik ( SAS )
- Bacalah dengan nyaring bacaan secara bersama-sama
- Bacalah setiap baris secara bergantian , Tiap siswa satu baris . Dengan cara ini guru dapat Mengetahui kemampuan membaca tiap siswanya
- Bila dinilai bahwa siswa belum bisa mengenal abjad , pergunakan kembali kartu- kartu Kalimat , Kartu kata, dan kartu abjad yang pernah dipakai dalam membaca tanpa buku.
- Perhatikan pelafalan abjad vokal , konsonan dan gejala baca
Thank you for visiting, good luck for you all...
0 Response to "Pembelajaran Membaca Permulaan Di Kelas I Sekolah Dasar"
Post a Comment