Perpustakaan Media Alat Bantu Pembelajaran

PERPUSTAKAAN DIRUANG KELAS

    Tidak semua sekolah dasar mempunyai ruang perpustakaan sendiri , Guru yang kreatif , biasanya menempatkan buku dalam kotak sebagai perpustakaan di ruang kelas , sekaligus berperan sebagai perpustakaan .
Sudah tentu banyak , banyak buku yang di simpan dalam kotak - kotak itu, bergantung pada keuangan sekolah , bahasa dan isi diadaptasi dengan tingkat kelas , Dengan demikian , masing-masing kelas mempunyai Perpustakaan sendiri.
     Disetip buku perlu direkatkan selembar kertas , sebaiknya dari karton tipis yang memuat catatan perihal identitas buku , nama siswa yang meminjam , tanggal pminjaman dan tanggal pengembalian.
 Tidak semua sekolah dasar mempunyai ruang perpustakaan sendiri  PERPUSTAKAAN MEDIA ALAT BANTU PEMBELAJARAN
PERPUSTAKAAN MEDIA ALAT BANTU PEMBELAJARAN
Penting untuk setiap ketika mengusut , seberapa baik siswa membaca buku yang dipinjam , siswa yang rajin membaca akan merasa pilihan buku yang mereka baca di kelasnya tidak banyak . dalam hal ini guru yang bersangkutan sanggup membantunya menentukan buku yang dimilikinya untuk dibaca siswa atau kalau ia kebetulan siswa tingkat selesai sekolah dasar , guru sanggup membantunya mendaftarkan diri sebagai anggota perpustakaan di tempat tinggalnya kalau ada kemudahan untuk itu. 

MEMPERLUAS LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH

    Umumnya perpustakaan sekolah mempunyai jumlah buku yang masih terbatas , Memang dalam hal in , kepala sekolah dalam kurun waktu tertentu , perlu mengadakan perubahan ,pemutakhiran dan penggantian buku , sedangkan sumber dana terbatas , kesudahannya mereka harus pandai-pandai berinovasi , menemukan cara memperluas layanan perpustakaan sekolah mereka .
untuk ini kepala sekolah sanggup mengambil upaya - upaya sebagai berikut :

  1. Berhubungan dengan sekolah -sekolah lain untuk membangun jaringan layanan buku.
  2. Meminta pertolongan dari sentra perpustakaan tempat , Pusat Perpustakaan Nasional atau forum lain.
  3. Meminta Bantuan orang bau tanah siswa atau komite sekolah
  4. Meminta siswa yang gres lulus untuk meyumbangkan buku
  5. Mencari pertolongan dari sumber lain.

    Mendukung perpustakaan sekolah sebagai sentra pembelajaran yang aktif seyogianya menjadi kepentingan orang-orang atau kelompok masyarakat di luar sekolah.
Masyarakat pemerhati pendidikan yang bisa secara finansial, sanggup membantu dalam bentuk dana ketimbang buku , alasannya dengan dana sekolah sanggup mengalokasikannya pada bidang-bidang lain yang memerlukan .
Jika sekolah meminta pertolongan pada forum tertentu , mereka itu akan kewalahan , namun tidak ada salahnya mengajukan permohonan.

KARAKTERISTIK PERPUSTAKAAN SEKOLAH YANG BAIK 

     Kualitas perpustakaan sanggup diukur melalui sejumlah cara yang berbeda , sejumlah indikator yang mensugesti kualitas perpustakaan sekolah :

  1. Tingkat peminjaman buku persiswa
  2. Jumlah pengeluaran dana persiswa pertahun
  3. Jumlah buku persiswa , baik buku usang maupun buku yang mutakhir
  4. Tingkat perolehan buku gres dan penyingkiran buku usang , buku usang sebaiknya dihibahkan dan bukan dimusnakan .
  5. Tingkat keamanan disekolah yang biasanya menjadi problem di sekolah 
  6. Lama Waktu kerja perpustakaan setiap minggu
  7. Kapasitas tempat duduk yang etrsedia untuk berguru di perpustakaan  


Thank you for visiting, good luck for you all...

0 Response to "Perpustakaan Media Alat Bantu Pembelajaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel