Perangkat Pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( R P P ) Mata Pelajaran : Al-Qur’An Hadits Kelas X Semester 1 Madrasah Aliyah
PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MATA PELAJARAN :
AL-QUR’AN HADITS
KELAS X SEMESTER 1
MADRASAH ALIYAH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi:
1. Memahami pengertian Al-Qur’an dan bukti keotentikannya
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menjelaskan pengertian al-Qur’an berdasarkan para ahli
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Menguraikan pengertian al-Qur’an berdasarkan bahasa
§ Menjelaskan pengertian al-Qur'an berdasarkan beberapa pendapat para ahli.
§ Menyimpulkan pengertian al-Qur'an dari beberapa pendapat para ahli.
D. Materi Pembelajaran :
§ Pengertian al-Qur'an berdasarkan bahasa
§ Pengertian berdasarkan pendapat para ahli:
– Muhammad Abduh
– Muhammad Khudhari Beik
– Muhammad Ali al-Shabuny
– Shubhi Ash-Shalih.
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam aktivitas pembelajaran
§ Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an
o Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi beberapa kelompok. Setiap kelompok 4 siswa.
§ Masing-masing kelompok membaca literatur untuk menggali pendapat para jago perihal pengertian al-Qur'an
§ Masing-masing kelompok mendiskusikan perihal problem berikut:
– Pengertian al-Qur’an berdasarkan bahasa
– Pengertian al-Qur’an berdasarkan istilah berdasarkan pendapat para jago .
– Persamaan dan perbedaan pengertian al-Qur’an berdasarkan pendapat para ahli.
– Membuat rumusan dengan bahasa sendiri pengertian al-Qur’an berdasarkan istilah.
§ Masing-masing perwakilan kelompok memberikan hasil diskusi.
§ Guru memperlihatkan penilaian/pengukuhan pada masing-masing kelompok
§ Tanya jawab perihal maksud yang terkandung dalam pengertian al-Qur’an
§ Menyimpulkan pengertian al-Qur’an
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§ Guru memperlihatkan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
§ Guru memperlihatkan kiprah mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa.
§ Depag. Al-Qur'an dan Terjemahannya
§ Depag, al-Qur'an dan Tafsirnya
§ Masyfuk Zuhdi,Pengantar ulumul Qur'an
§ Muhammad Ali Ash-Shabuuny,Studi Ilmu al-Qur'an
§ Muhammad Amin Suma, Sudi ilmu-ilmu al-Qur'an
§ Muhammad bin Alawi al-Maliki Al-Hasni, Zubdah al-Itqan fi 'Ulum al-Qur'an
§ M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur'an
§ TM. Hashbi Ash-Shiddiqi, Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an
H. Penilaian :
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Tugas Individual
Mengetahui, Kepala MA …………………………… | …………….. …….., 20….. Guru Mata Pelajaran …………………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi:
1. Memahami pengertian Al-Qur’an dan bukti keotentikannya
B. Kompetensi Dasar
1.2 Membuktikan keautentikan al-Qur’an ditinjau dari segi keunikan redaksinya, kemukjizatannya, dan sejarahnya
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Menjelaskan pengertian mukjizat menurut Bahasa dan istilah
§ Menjelaskan keautentikan al-Qur’an berdasarkan bukti-bukti al-Qur’an sendiri.
§ Menjelaskan keautentikan al-Qur’an dari sejarah turun hingga pembukuannya.
§ Menjelaskan keautentikan al-Qur’an dari segi keindahan dan ketelitian redaksinya
§ Menjelaskan keautentikan al-Qur’an dari aspek pemberitaan gaibnya
§ Menjelaskan keautentikan al-Qur’an aspek isyarat ilmiahnya
D. Materi Pembelajaran :
§ Bukti keautentikan al-Qur’an ditinjau dari:
– Bukti-bukti dari al-Qur’an sendiri
– Buki-bukti kesejarahan
§ Bukti kebenaran al-Qur’an, ditinjau dari tiga aspek:
– aspek keindahan dan ketelitian redaksi-redaksinya
– aspek pemberitaan gaibnya
– Aspek isyarat ilmiahnya.
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam aktivitas pembelajaran
§ Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an
o Kegiatan Inti
§ Siswa diagi beberapa kelompok.
§ Semua kelmpok membaca literatur untuk menemukan pemahaman perihal keautentikan al-Qur’an
§ Memperhatikan tayangan melalui media audio visual perihal kemukjizatan al-Quir’an sambil mencatat inti bahan
§ Tanya jawab perihal pengertian mukjizat.
§ Mendiskusikan masalah keautentikan al-Qur’an ditinjau dari bukti-bukti dari al-Qur’an sendiri
– buki-bukti kesejarahan
– Bukti kebenaran al-Qur’an.
§ Menyimpulkan hasil diskusi kelompok
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§ Guru memperlihatkan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
§ Guru memperlihatkan kiprah mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa.
§ Depag. Al-Qur'an dan Terjemahannya
§ Depag, al-Qur'an dan Tafsirnya
§ Masyfuk Zuhdi,Pengantar ulumul Qur'an
§ Muhammad Ali Ash-Shabuuny,Studi Ilmu al-Qur'an
§ Muhammad Amin Suma, Sudi ilmu-ilmu al-Qur'an
§ Muhammad bin Alawi al-Maliki Al-Hasni, Zubdah al-Itqan fi 'Ulum al-Qur'an
§ M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur'an
§ TM. Hashbi Ash-Shiddiqi, Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an
H. Penilaian :
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Tugas Individual
Mengetahui, Kepala MA …………………………… | …………….. …….., 20….. Guru Mata Pelajaran …………………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Download ( R P P ) MATA PELAJARAN : AL-QUR’AN HADITS KELAS X SEMESTER 1 MADRASAH ALIYAH Selengkapnya Disini
0 Response to "Perangkat Pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( R P P ) Mata Pelajaran : Al-Qur’An Hadits Kelas X Semester 1 Madrasah Aliyah"
Post a Comment